Jajangmyeon, Mie Hitam Korea yang Jadi Penghibur Jomblo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Jul 2020 14:30 WIB
Jajangmyeon Foto: Getty Images/iStockphoto/ma-no
Jakarta -

Mie hitam Korea kini mendunia. Namanya jajangmyeon yang dilengkapi daging hingga sayuran. Mie ini juga identik dengan para jomblo di Korea Selatan.

Korea punya banyak makanan enak yang kini terkenal di berbagai negara termasuk Indonesia. Dari kategori mie, ada mie hitam alias jajangmyeon yang banyak disukai. Ciri khasnya mie ini disirami saus berwarna hitam pekat yang bahan utamanya kedelai hitam.

Jajangmyeon punya sejarah unik karena ternyata bukan asli Korea, walau kini sangat identik dengan budaya makanan Korea Selatan. Menariknya lagi mie hitam Korea ini menjadi penghibur para jomblo tiap 14 April. Tanggal tersebut adalah Black Day atau harinya para jomblo dimana mereka memakai baju hingga aksesori serba hitam.

Jajangmyeon kini mudah ditemui di Indonesia. Disajikan di restoran Korea kelas atas, dalam kondisi beku siap olah, hingga layaknya mie instan. Berikut detikFood merangkum berbagai fakta unik soal mie hitam Korea, jajangmyeon:

1. Sejarah jajangmyeon, mie hitam Korea

JajangmyeonJajangmyeon Foto: Getty Images/iStockphoto/ma-no

Meski dikenal luas sebagai makanan khas Korea, sejarah jajangmyeon ternyata bukan asli negeri ginseng. Jajangmyeon justru dibawa imigran China ke Korea, sebelum lekat sebagai bagian budaya makanan di Korea.

Jajangmyeon konon asalnya dari Shandong, China. Warganya punya mie hitam bernama zhajiangmian. Kemudian mie ini masuk ke Korea Selatan pada masa dinasti Joseon. Warga Shandong berbondong-bondong pindah ke Incheon usai dibukanya pelabuhan.

Para imigran China itu lantas memodifikasi zhajiangmian agar disukai orang Korea Selatan. Akhirnya populerlah mie hitam di Korea yang kita kenal sekarang sebagai jajangmyeon.

Baca Juga: Mi Juga Tampil Unik dengan Sentuhan Warna Hitam

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Cireng Kuah Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]