Aturan Baru, Starbucks Ogah Layani Pengunjung Tanpa Masker

Devi Setya - detikFood Senin, 13 Jul 2020 19:00 WIB
starbucks tanpa masker Foto: istimewa/metro
Jakarta -

Starbucks baru saja mengeluarkan aturan baru soal kebijakan new normal. Para pegawai Starbucks tidak boleh melayani pengunjung yang datang tanpa mengenakan masker.

Dikabarkan Foodbeast (13/7) pasca pandemi ini Starbucks Amerika mulai membuka gerainya untuk melayani para pencinta kopi. Mengikuti kebijakan new normal, gerai kopi skala internasional ini membuat aturan baru yang berlaku mulai Rabu (15/7).

Seiring dengan dibukanya kembali gerai Starbucks di Amerika Serikat, kini para pegawai harus bekerja ekstra untuk memastikan setiap pengunjung datang dengan mengenakan masker. Tanpa masker, pengunjung tidak akan dilayani oleh kasir dan barista. Aturan ini berlaku untuk semua pengunjung yang masuk ke gerai Starbucks.

starbucks tanpa maskerstarbucks tanpa masker Foto: istimewa/metro

Baca juga : Kisah Barista Saka yang Viral Setelah Diunggah Youtuber Nessie Judge

Bukan hanya pengunjung, para pegawai Starbucks yang bertugas di gerai juga harus menerapkan aturan yang tak kalah ketat. Barista dan kasir diwajibkan mengenakan masker dan face shield selama bertugas.

Hal ini diterapkan sebagai langkah untuk menghindari penyebaran Covid-19. Beberapa gerai Starbucks memang sudah membuka fasilitas untuk makan di tempat namun dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Area duduk dibatasi dengan jarak aman 1-2 meter, antar pengunjung juga tidak diperkenankan melakukan kontak fisik. Jam kunjungan juga dibatasi maksimal 2 jam.

Lantas bagaimana jika tak mengenakan masker? Pihak Starbucks dengan tegas akan menolak melayani kopi atau kudapan pesanan pengunjung. Namun Starbucks memiliki alternatif lain bagi pengunjung yang tak mengenakan masker.

Pengunjung bisa membeli Starbucks lewat layanan drive-thru atau pemesanan online. Namun kalau mau tetap santai ngopi di gerai Starbucks, pastikan untuk mengenakan masker.

starbucks tanpa maskerstarbucks tanpa masker Foto: istimewa/metro

Baca juga : Geram Netizen Atas Kasus Intip Payudara di Starbucks

Sebelumnya, pada akhir Juni 2020 seorang barista Starbucks mendapat tip Rp 284 juta karena menolak pelanggan yang tak bermasker. Barista bernama Lenin Gutierrez yang bekerja di Starbucks San Diego dengan tegas menolak pengunjung tanpa masker.

Aksi ini kemudian viral sehingga banyak orang mengapresiasi langkah yang dilakukan Lenin. Lewat GoFundMe, pria ini mendapat tip sebesar Rp 284 juta dari para donatur.



Simak Video "Starbucks Indonesia Buka Suara, Karyawan Pengintip Payudara Dipecat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)