Awkarin Jatuh Cinta dengan Kuliner Jogja, Mangut Lele sampai Sate Klatak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 13 Jul 2020 16:00 WIB
Awkarin Jatuh Cinta dengan Kuliner Jogja, Mangut Lele sampai Sate Klatak Foto: Instagram awkarin
Jakarta -

Karin Novilda atau Awkarin ternyata seorang foodies. Ia rela menyambangi tempat-tempat makan enak saat liburan ke Jogja. Ada mangut lele sampai sate klatak yang bikin Awkarin jatuh cinta.

Wanita dengan sapaan akrab Karin ini baru saja melakukan road trip bersama kekasihnya, Sabian dan teman-temannya ke Jogja. Liburan mereka diisi banyak agenda seru seperti menikmati alam Jogja dan kulinernya yang selalu bikin kangen.

Lewat Instagram, Karin membagikan momen ketika ia menyambangi Studio Desa Wisata Gamplong di Alam Sleman. Ia menjelaskan area ini adalah studio untuk shooting film yang juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Urusan kulineran, Karin bahkan mengabadikannya dalam unggahan-unggahan terpisah. Ia menceritakan menu yang disantap hingga cerita di balik menu itu yang bisa jadi referensi bagi 5,4 juta followersnya.

Apa saja kuliner Jogja pilihan Karin? Berikut detikFood merangkum informasinya:

1. Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng

Awkarin Jatuh Cinta dengan Kuliner Jogja, Mangut Lele sampai Sate KlatakAwkarin Jatuh Cinta dengan Kuliner Jogja, Mangut Lele sampai Sate Klatak Foto: Instagram awkarin

Mangut lele Mbah Marto di Jalan Sewon Indah jadi tujuan Karin untuk bersantap. Ia menjelaskan kalau mangut adalah makanan berbahan santan yang pedas. "Mangut Lele Mbah Marto ini sudah diabadikan oleh Mbah Marto selama 60 tahun lebih," tulis Karin.

Ia bercerita proses pembuatan mangut lele yang masih tradisional menggunakan tungku besar dengan teknik diasap. Karin mengatakan, "Sebelum diasap ikan lele yang sudah dibersihkan ditusuk dengan sebilah bambu supaya ikan lebih mudah untuk dibolak-balik. Bumbu mangutnya terdiri dari santan, cabai rawit, petai, daun salam, bawang merah, bawang putih, dan kencur. Sungguh cita rasa yang sangat sulit untuk dilupakan lidah."

Karin juga terpesona dengan sistem bersantap di Mangut Lele Mbah Marto dimana pengunjung bisa langsung mengambil sendiri makanannya ke dapur. Konsep ini seperti 'open kicthen' berbalut suasana tradisional.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Cireng Kuah Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]