5 Fakta Sejarah Gudeg Mbah Lindu yang Lezatnya Legendaris

Devi Setya - detikFood Senin, 13 Jul 2020 13:00 WIB
gudeg mbah lindu yogyakarta Foto: Lusiana/detikfood

4. Jenis gudeg basah

gudeg mbah lindu yogyakartagudeg mbah lindu yogyakarta Foto: Lusiana/detikfood

Mencari penjual gudeg di Jogja bukanlah hal sulit. Tapi setiap penjual gudeg memiliki ciri khas khusus. Racikan Mbah Lindu termasuk jenis gudeg basah yang masih mengandung air atau dalam bahasa jawa dikenal dengan sebutan nyemek.

Menu yang ditawarkan Mbah Lindu terbilang sederhana. Ia menyajikan nasi gudeg yang dilengkapi krecek serta opor. Menunya sederhana namun rasanya ngangeni. Bumbu yang royal dan proses pemasakan yang tradisional membuat gudeg Mbah Lindu punya rasa yang mantap.

Gagrak manis gurih sangat mendominasi rasa gudeg, sementara sensasi pedas bisa didapatkan dari krecek. Mbah Lindu juga menambahkan cabai rawit bagi yang suka pedas. Gaya melayani ala Mbah Lindu juga jadi keunikan. Mbah Lindu mencampur aneka lauk ini langsung dengan tangannya.

Baca juga : Mbah Lindu Meninggal Jadi Trending Twitter, Banyak Netizen Berduka

5. Masuk dalam serial Netflix

Sosok Mbah Lindu yang Pekerja KerasSosok Mbah Lindu yang Pekerja Keras Foto: YouTube / LumixIndonesia


Lewat serial Street Food, Netflix mengangkat keanekaragaman kuliner kaki lima di beberapa kota di dunia, salah satunya Yogyakarta. Dalam episode Street Food Indonesia, gudeg Mbah Lindu jadi pilihan.

Serial ini menampilkan keunikan gudeg racikan Mbah Lindu. Proses pemasakan tradisional yang dilakukan selama hampir satu abad menjadi daya tarik dalam serial ini. Perjuangan Mbah Lindu dalam mempertahankan resep gudeg juga jadi hal yang diangkat dalam serial ini.

Mbah Lindu tutup usia di umur tepat 100 tahun. Perempuan kelahiran 31 Desember 1920 ini sudah menorehkan banyak kenangan bagi banyak foodies.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)