2 Cara Meracik Mie Instan Kuah, Mana yang Kamu Suka?

Odilia WS - detikFood Sabtu, 11 Jul 2020 08:00 WIB
Mie Instan Kuah Foto: iStock
Jakarta -

Mie instan jadi favorit banyak orang. Tetapi tetap saja ada dua cara menyeduh mie instan kuah yang dilakukan orang. Kamu suka cara yang mana?

Mie instan merupakan makanan pokok di beberapa negera. Tetapi juga dijadikan makanan selingan oleh beberapa orang. Ini karena keunggulan mie instan yang hanya perlu beberapa menit untuk meraciknya.

Mie instan goreng dan mie instan kuah merupakan dua jenis mie instan yang populer. Masing-masing produsen punya racikan bumbu yang berbeda. Mie instan Indonesia termasuk yang paling populer. Ada rasa klasik kaldu ayam dan bakso sapi hingga aneka rasa lokal yang enak.

Cara memasak atau cara meracik mie instan umumnya dituliskan secara gamblang dengan gambar dan keterangan di belakang kemasan. Berikut informasi nutrisi untuk satu sajian. Juga dilengkapi saran penyajian di bagian depan kemasan.

Mengenai aplikasi aturan memasak mie instan kuah ada yang mematuhi aturan pada kemasan. Diawali dengan mendidihkan air dalam panci, memasukkan mie instan dan menunggu beberapa menit baru kemudian ditambahkan bumbu instan yang ada dalam kemasan, diaduk, lalu siap dinikmati.

Aturan memasak ini memang sesuai dengan konsep bahwa mie instan memang untuk dimasak cepat dan dinikmati segara. Karenanya dijamin dalam waktu tak lebih dari 10 menit akan bisa dinikmati.

Tetapi kaum pencinta mie instan termasuk foodies dan chef profesional selalu punya cara yang menurut mereka lebih tepat untuk menghasilan mie instan kuah yang enak. Berikut ini cara yang diterapkan.

Air untuk masak mie instan2 Cara Meracik Mie Instan Kuah Foto: Getty Images/iStockphoto/guliver-max

1. Didihkan air dalam panci secukupnya

Setelah itu masukkan mie instan dan dengan sumpit, uraikan mie instan. Sementara itu siapkan air panas dalam ketel.

Kalau mengikuti cara orang Kanton, mie segar biasanya dimasak beberapa menit dalam air mendidih hingga mendapatkan tekstur kenyal atau 'al dente' dan ditiriskan. Tetapi mie instan meskipun kenyal tetapi tidak bisa renyah. Karenanya jaga jangan sampai mie instan terlalu lonyot.

2. Angkat mie instan dan tiriskan dalam panci peniris dan siram air dingin.

Bisa dibilas dengan air matang biasa atau air mineral dengan suhu ruangan.

Mie instan2 Cara Meracik Mie Instan Kuah Foto: iStock

3. Buat kuah sup

Dalam mangkuk saji, tuangkan bumbu instan kemasan, beri sedikit air panas dan aduk hingga larut. Tambahkan air panas dari ketel sebanyak yang kamu suka. Kemudian aduk-aduk hingga bumbu larut.

topping mie instan dan kepribadian2 Cara Meracik Mie Instan Kuah Foto: iStock

4. Tambahkan mie dan topping lainnya

Tambahkan mie yang sudah ditirikan ke dalam kuah panas di mangkuk. Kemudian tambahkan topping seperti sawi, telur rebus atau telur goreng, bawang merah goreng dan irisan daun bawang. Sajikan dan nikmati segera.

Menurut sebagian orang, cara ini lebih enak, kuahnya tidak terlalu asin karena tidak terkena air perebus mie instan. Ditambah lagi masih ada anggapan bahwa air perebus mie instan ini banyak mengandung zat kimia dari mie instan.

Cara memasak mie instan kuah memang berpulang pada selera masing-masing. Termasuk tiap warung kopi atau warung Tegal punya cara masing-masing. Karena rasa enak sangatlah subyektif atau personal. Kalau kamu suka cara masak yang mana?



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Mie Instan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)