Jantung Ikan Hiu Dijual di Jepang, Bagaimana Rasanya?

Devi Setya - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 14:00 WIB
jantung ikan hiu Foto: soranews
Jakarta -

Di Jepang, jantung ikan hiu jadi santapan lezat. Tak heran kalau jantung ikan ganas ini banyak dijual bebas di supermarket di Jepang.

Dilansir dari SoraNews (7/7) menyantap jantung ikan hiu bukanlah hal yang lazim. Beberapa jenis hiu termasuk spesies yang dilindungi sehingga daging maupun organ tubuhnya tidak bisa didapatkan dengan mudah. Perburuan sirip hiu saja bahkan menuai kontroversi di kalangan para pencinta lingkungan.

Menyantap jantung ikan hiu juga termasuk memacu adrenalin. Organ jantung ikan hiu yang satu ini terbilang makanan ektrem. Di supermarket pun ketersediaannya cukup terbatas dan dibanderol dengan harga tinggi

Seiji Nakazawa dari SoraNews beruntung bisa menemukan jantung ikan hiu yang ada di rak pendingin di supermarket Yoshiike yang berlokasi di Ueno, Okachimachi, Tokyo. Seiji sebelumnya tak pernah melihat atau bahkan makan jantung ikan hiu. Tapi rasa penasaran menggelitiknya untuk mencoba jantung hiu.

jantung ikan hiujantung ikan hiu Foto: soranews


Baca juga : Ini Alasan Ilmiah Kenapa Ikan Hiu Sebaiknya Tak Dikonsumsi


Di supermarket ini, sepotong jantung ikan hiu dibanderol dengan harga 580 yen (Rp 72.000) per 100 gram. Jantung ikan hiu ini memiliki bobot 275 gram sehingga total harganya 1.595 Yen (Rp 215.000). Semakin besar ukuran jantung ikan hiu maka semakin mahal harganya.

Seiji sempat bertanya bagaimana cara menyantap jantung ikan hiu ini kepada pegawai supermarket. Menurutnya, jantung ikan hiu hanya perlu dicuci dan dibersihkan sebelum dimakan. Ya, jantung hiu bisa langsung dimakan mentah tanpa proses pemasakan.

jantung ikan hiujantung ikan hiu Foto: soranews


Jantung ikan hiu ini punya tampilan yang agak mengerikan, permukaannya dilumuri darah merah. Sekilas bentuknya mirip jantung manusia. Sebuah rongga berukuran besar terlihat di bagian atas jantung ikan hiu, rongga ini tak lain adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh hiu.

Meskipun bisa dimakan mentah, jantung ikan hiu ini harus lebih dulu dibersihkan dari darah yang menggenang maupun darah yang ada di bagian dalam jantung. Ada dua metode yang bisa dilakukan yakni mengalirkan air melalui pembuluh darah hingga semua darah keluar. Atau cara lainnya yakni membelah jantung hiu menjadi dua, lalu kemudian mencuci dan memerasnya hingga bersih.

Setelah dicuci bersih, jantung ikan hiu ini bisa langsung dipotong dan dimakan mentah. Seiji hanya melengkapi jantung hiu ini dengan saus cocolan yang terbuat dari bawang putih parut, minyak wijen dan garam.

Jantung ikan hiu yang sudah diiris kecil ini kemudian dimakan langsung. Seiji terkejut dengan tekstur dan rasanya. Meskipun tampilannya mengerikan, ternyata Seiji mengatakan rasanya lezat.

"Jantung ikan hiu ini memiliki rasa manis yang ringan, tetapi yang benar-benar menarik adalah teksturnya, lapisan luarnya keras, tapi bagian dalamnya lebih lembut," ujar Seiji.

jantung ikan hiujantung ikan hiu Foto: soranews



Baca juga : Bedah Perut Hiu, Para Ilmuwan Terkejut Saat Melihat Isinya


Menyantap daging maupun organ ikan hiu sebenarnya tidak direkomendasikan karena berbahaya. Spoon University menjelaskan konsumsi hiu juga buruk bagi kesehatan. Food and Drug Administration (FDA) dan United States Environmental Protection Agency (EPA) mengatakan daging dan organ hiu mengandung logam dan zat kimia berbahaya.

Hiu mengandung merkuri dalam jumlah tertinggi. Merkuri merupakan logam beracun yang jika dikonsumsi bisa sebabkan kehilangan koordinasi, buta dan berefek kematian pada manusia.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Cireng Kuah Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)