Cara Membuat Bolu Pisang Kukus dan Resepnya, Enak dan Sederhana Bikinnya

Tim detikFood - detikFood Minggu, 05 Jul 2020 15:00 WIB
bolu pisang kukus Foto: Getty Images/iStockphoto/Miuda_21/Cara Membuat Bolu Pisang Kukus dan Resepnya, Enak dan Sederhana Bikinnya
Jakarta -

Bolu kukus merupakan makanan yang tidak lekang oleh waktu. Dengan bahan dasar pisang, bolu kukus bisa menjadi sajian yang enak disantap saat weekend.

Membuat bolu kukus susah-susah gampang. Untuk kesempurnaan hasil, kita perlu memperhatikan dua hal yakni pemilihan bahan dan cara membuatnya.

Dalam buku Kreasi Bolu Kukus Istimewa oleh Andie Hadi disebutkan pemilihan bahan bolu kukus:

1. Telur

Pilih telur dengan kualitas baik dan tidak busuk. Goyangkan telur, apabila terdapat bunyi kopyor di dalamnya, berarti telur tersebut busuk. Jangan menggunakan telur yang baru keluar dari lemari pendingin. Hal itu akan membuat telur susah mengembang saat dikocok. Sebaiknya, gunakan telur dengan suhu ruang.

2. Gula Pasir

Warna dan bentuk gula pasir memengaruhi tekstur bolu kukus. Gula pasir yang pekat atau kekuningan menghasilkan bolu kukus yang kekuningan juga. Pilih gula pasir yang berwarna putih atau cerah dan berbutir kecil agar mendapat tekstur bolu kukus yang pas.

3. Cake Emulsifier

Kita lebih mengenalnya dengan sebutan SP atau ovalet atau TBM. Bahan ini berfungsi untuk mengembangkan/memberi volume pada bolu dan juga melembutkan tekstur bolu.

4. Tepung

Fungsi tepung dalam bolu atau cake adalah sebagai kerangka. Biasanya, untuk membuat bolu, digunakan tepung terigu. Pilih tepung terigu dengan kandungan protein sedang atau rendah. Selain itu, tepung beras dan tepung lainnya juga bisa dipilih untuk menggantikan terigu. Namun, takaran penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam resep.

5. Lemak

Lemak berfungsi untuk membuat bolu lebih empuk dan lembut. Untuk mengempukkan bolu, biasanya kita menggunakan margarin, minyak, susu, santan, atau bisa juga mengombinasikan bahan-bahan tersebut.


Cara membuat bolu kukus diperlukan tips dan trik. Berikut tips dan trik membuat bolu kukus agar hasilnya sempurna dan enak:

1. Pastikan mengocok telur, gula, dan cake emulsifier hingga benar-benar mengembang. Saat dimikser, hasil kocokan menjadi berat.

2. Ayak tepung terigu atau bahan kering lainnya agar tidak menggumpal dan dapat tercampur sempurna dalam adonan.

3. Jangan mencairkan margarin hingga mendidih, karena akan mengurangi kandungan air di dalamnya. Tunggu hingga margarin dingin saat akan mencampurnya dalam adonan.

4. Masukkan tepung dan lemak secara perlahan dalam adonan dengan cara melipat dari atas ke bawah.

5. Untuk membuat bolu kukus cetak, pastikan cetakan sudah diolesi minyak atau margarin sebelumnya. Bila menggunakan loyang, lapisi dasar loyang dengan kertas roti.

6. Panaskan panci pengukus terlebih dahulu. Perhatikan apinya, jangan menggunakan api besar.

7. Untuk bolu gulung, sebaiknya simpan beberapa setelah digulung agar bolu tidak pecah saat dipotong.

8. Untuk bolu mekar, gunakan cup kertas tanpa lapisan bahan antilengket.

9. Isi adonan dalam cetakan atau cup hingga penuh agar bolu dapat mekar sempurna.

10. Jangan terlalu rapat mengatur cetakan dalam kukusan agar tidak menghambat keluarnya uap air sehingga hasilnya menjadi lebih bagus.

11. Gunakan kain atau lap bersih untuk melapisi tutup kukusan. Hal itu berfungsi untuk menghalangi air menetes dalam adonan yang bisa menyebabkan bolu tidak mengembang.

12. Sebaiknya, buka tutup kukusan setelah 15 menit agar bolu benar-benar mengembang dan matang sempurna.

Tips dan trik lainnya yakni perhatikan dandang pengukus. Dalam buku bertajuk 'Kue Kukus Tradisional' karya Dewi Soesilo disebutkan ada berbagai macam dandang pengukus yang dijual di pasaran. Ada yang bundar, persegi, dengan tutup bentuk kerucut, serta datar. Untuk mematangkan kue sebaiknya dipilih yang tutupnya berbentuk kerucut karena air dari uap panas akan mengalir ke tepi dandang dengan sendirinya. Bila memakai dandang yang tutupnya datar, sebaiknya bungkus tutup dandang dengan kain serbet yang tebal dan lebar untuk mencegah tetesan air jatuh ke atas kue. Ganti kain serbet dengan yang kering bila sudah basah.

Berikut resep bolu pisang kukus:

Dalam buku 'Aneka Bolu Kukus Irit Telur oleh Dapur Anissa, disebutkan resep spesial makanan yang dikenal sejak zaman dulu itu.

1. Bolu Pisang Kukus

Cara membuat bolu kukus pisang:

Bahan bolu pisang kukus:

2 butir telur
175 gram gula pasir
2 sdt cake emulsifier, misal Sp, Ovalet, dan Tbm
250 gram tepung terigu protein sedang
25 gram cokelat bubuk
12 sdt baking powder
200 ml minuman soda manis
150 gram pisang ambon, haluskan
1/4 sdt garam
1/4 sdt esens pisang

Cara membuat bolu pisang kukus:

1. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier, dan garam hingga mengembang dan mengental.
2. Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak bergantian dengan minuman soda manis, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Tambahkan pisang ambon dan esens pisang, aduk rata.
3. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah diberi paper cup hingga 3/4 penuh.
4. Kukus dalam dandang yang telah dipanaskan terlebih dahulu selama 20 menit dengan api besar hingga matang dan merekah. Angkat.
5. Hidangkan bolu pisang kukus.


2. Bolu Pisang Kukus Cokelat

bolu pisang kukusbolu pisang kukus Foto: Getty Images/iStockphoto/ivanmateev

Resep berasal dari buku berjudul 'Cake Yang Mudah Dibuat' karya Carla Maharani.

Bahan membuat bolu pisang kukus cokelat:

3 kuning telur
1 putih telur
200 gram gula palem Ayak
200 gram tepung terigu
50 gram cokelat bubuk
1/2 sdt soda kue
1 sdt baking powder
3 buah pisang raja/ambon matang
150 gram margarin, lelehkan
100 gram kacang tanah sangrai, cincang kasar

Cara membuat bolu pisang kukus cokelat

Kocok telur bersama gula palem sampai larut dan kental. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama cokelat bubuk, soda kue, dan baking powder. Aduk rata.

Lumatkan pisang dengan garpu, campur dengan margarin leleh. Tuang campuran pisang ke dalam adonan cake. Aduk sampai rata. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang sudah dioles dengan margarin. Tabur permukaan cake adonan dengan kacang tanah sangrai, kukus dalam dandang panas selama 40 menit. Bolu pisang kukus cokelat sudah matang dan siap disantap bersama keluarga.



Simak Video "Cantik dan Manis Kue Bolu Mangga Gedong Gincu"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)