Minum Pakai Sedotan Raksasa, Tren TikTok yang Berbahaya

Devi Setya - detikFood Sabtu, 04 Jul 2020 16:00 WIB
minum pakai sedotan besar Foto: tiktok/istimewa
Jakarta -

Minum pakai sedotan biasa dianggap kurang greget. Netizen akhirnya bikin tantangan minum pakai sedotan raksasa yang justru berbahaya.

Sedotan biasa digunakan untuk membantu memudahkan proses minum. Ukuran sedotan juga terbilang kecil, tapi kini ada tren tiktok nyeleneh yang menunjukkan aksi minum menggunakan sedotan raksasa.

Belasan netizen mencoba tantangan minum pakai sedotan raksasa ini. Tentu saja sedotan yang digunakan bukanlah sedotan biasa melainkan pipa berlubang besar.

minum pakai sedotan besarminum pakai sedotan besar Foto: tiktok/istimewa


Baca juga : Tren Terbaru di TikTok, Nyomot Makanan Orang di Eskalator


Tantangan bernama 'big straw challenge' ini dilakukan oleh banyak orang. Kompilasi aksi netizen yang minum menggunakan sedotan besar ini bisa dilihat lewat channel youtube Official Solo Trend. Banyak orang sengaja melakukan aksi ini agar ikut hits sekaligus menjawab rasa penasarannya.

Untuk mengikuti tren ini, kamu harus menyiapkan segelas minuman dan sebuah sedotan besar. Untuk mendapatkan sedotan ini, netizen biasa mengandalkan pipa yang terbuat dari gulungan karton. Cara kerjanya mudah, kamu hanya perlu menyedot cairan yang ada di dalam gelas.

Sekilas memang tampak mudah, tapi karena ukuran rongga pipa yang besar, alhasil cairan ini sulit masuk ke mulut. Beberapa orang justr tersedak saat air masuk ke dalam mulut dalam jumlah banyak. Tak sedikit minuman yang tumpah dan membanjiri meja tempat menaruh minuman.

Tren ini diikuti oleh pria dan wanita dari berbagai kalangan usia. Mereka yang berhasil menyedot minuman, akan langsung tersedak dan batuk. Sementara yang gagal, air dalam gelas tidak akan bergerak naik ke sedotan. Tren ini jelas berbahaya karena jika air masuk ke rongga hidung atau memenuhi tenggorokan maka akan menyulitkan proses napas.

Tren ini sempat dikecam karena membahayakan namun semakin dilarang justru semakin banyak orang penasaran. Video yang diunggah pada 24 Maret 2020 ini sudah dilihat lebih dari 74 ribu kali dan menuai banyak komentar.

minum pakai sedotan besarminum pakai sedotan besar Foto: tiktok/istimewa


Baca juga : 5 Makanan Viral di TikTok, Joget Gordon Ramsay hingga Makan Jari Sendiri


"Apakah kalian tidak tahu kalau cairan ini bisa masuk ke paru-paru kalian dan membuat kalian tewas?" ujar netizen.

"Kenapa kalian tidak tewas tersedak. Sudah jelas ini berbahaya dan kalian menganggap ini lelucon," sahut netizen lainnya.

"Mereka sangat bodoh. Mereka bisa mati karena minum, bahkan bukan karena virus corona," pungkas netizen.





Simak Video "Nestle Hadirkan Solusi Sedotan Kertas, Yakin Lebih Ramah Lingkungan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)