Mesin Pembunuh Virus Akan Dipasang di Pintu Masuk Restoran

Devi Setya - detikFood Jumat, 03 Jul 2020 16:00 WIB
mesin pembunuh virus Foto: istimewa/foxnews
Jakarta -

Berbagai cara diterapkan pihak restoran demi mencegah penularan virus corona. Termasuk memasang mesin pembunuh virus yang dipasang di pintu masuk restoran.

Dikabarkan Fox News (3/7) para pemilik restoran dan bar di Inggris tengah mempertimbangkan untuk memasang mesin sterilisasi yang bisa membunuh virus. Mesin ini kabarnya mampu membunuh segala jenis virus dan kuman hanya dalam 2 detik. Diharapkan, mesin ini juga ikut membunuh virus corona.

Seorang pemilik bar di Inggris sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi pada mesin pod khusus yang akan dipasang di pintu masuk bar miliknya. Perangkat baru ini dilaporkan akan mensterilkan pelanggan saat mereka masuk. Pelanggan akan disemprot kabut asap khusus yang akan membunuh virus.

mesin pembunuh virusmesin pembunuh virus Foto: istimewa/foxnews


Baca juga : Buka Kembali, 5 Restoran di Jakarta Ini Terapkan Protokol New Normal


Mesin pembunuh virus ini dikenal dengan sebutan Sterigate. Kabut yang disemprotkan ini mengandung desinfektan yang terbuat dari asam laktat, tartarat, minyak peppermint dan minyak lavender. Menurut Southwest News Service (SWNS) mesin pembunuh virus ini dilaporkan dijual seharga lebih dari $ 10.000 (Rp 144 juta).

Justin Hudson dari Bar103 mengatakan managemen barnya kemungkinan akan memasang mesin pembuhun virus ini. Jika hal ini terlaksana, Bar103 jadi tempat kuliner pertama yang memiliki mesin pembunuh virus ini.

"Mungkin sedikit berlebihan, tapi kami sudah bicara dengan pihak Sterigate dan membahas semuanya. Itu pilihan," katanya. Menurutnya, pelanggan akan lebih merasa nyaman berada di dalam bar setelah melalui mesin pembunuh virus ini.

David Atkins, direktur pelaksana Sterigate, menjelaskan bagaimana cara kerja mesin pembunuh virus ini. "Orang hanya perlu berjalan melalui mesin ini, lalu kabut tipis akan disemprotkan ke seluruh tubuh selama 2 detik. Setelah itu bisa langsung keluar. Semua virus akan mati, termasuk virus corona," beber Atkins.

mesin pembunuh virusmesin pembunuh virus Foto: istimewa/foxnews


Baca juga : Restoran Ini Sediakan Tabung Balon Transparan untuk Cegah COVID-19


Fox News sebelumnya melaporkan tentang perangkat serupa yang dipasang di sebuah restoran di Tokyo. Pada akhir Mei, Kichiri Shinjuku, sebuah restoran yang terletak di distrik Shinjuku Tokyo, memasang mesin di dekat pintu masuknya. Mesin ini menyemprotkan desinfektan berbasis klorin selama 30 detik.

Pelanggan restoran yang hendak makan harus melalui mesin ini, termasuk juga kewajiban cuci tangan dan cek suhu tubuh. Hanya orang yang lolos pengecekan ini yang boleh masuk ke restoran untuk makan.



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)