Selain Kucing Hitam, Empedu Beruang Juga Jadi Obat Populer Virus Corona

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 02 Jul 2020 19:30 WIB
Empedu Beruang Foto: Nat Geo/Ist

2. Empedu beruang sebagai obat

Empedu BeruangEmpedu Beruang Foto: Nat Geo/Ist

Karena dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, empedu beruang jadi peluang usaha yang menguntungkan bagi banyak orang. Biasanya empedu beruang yang sudah diternak diambil dengan teknik bedah yang amatir.

Terkadang proses pengambilan empedu ini menyiksa beruang di mana banyak beruang yang mati saat proses ini. Selain itu sanitasi kandang yang buruk membuat kondisi beruang semakin menyedihkan. Kebanyakan beruang empedu disimpan di dalam kandang yang sangat kecil.

Ukuran tubuh beruang yang besar membuat hewan malang ini kesulitan untuk berdiri atau duduk tegak di dalam kandang. Banyak beruang empedu yang mengalami stres, luka, hingga rasa sakit karena otot-otot mereka tertekuk.

3. Belum ada bukti nyata

Empedu BeruangEmpedu Beruang Foto: Nat Geo/Ist

Meski perdagangan empedu beruang ini masih populer hingga sekarang. Tapi nyatanya belum ada penelitian atau bukti medis nyata tentang khasiat empedu beruang ini.

Bahkan banyak dokter-dokter di China yang melarang konsumsi empedu beruang sebagai obat. Padahal empedu beruang ini sudah digunakan di dunia medis tradisional di Asia selama ribuan tahun.

Empedu beruang diklaim mengandung kadar ursodeoxycholic acid (UDCA) yang tinggi, dan bisa mengobati hati hingga permasalahan kandung empedu. Namun sekarang banyak obat herbal dan pengobatan lainnya yang memiliki kandungan sama dari UDCA.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]