Selain Kucing Hitam, Empedu Beruang Juga Jadi Obat Populer Virus Corona

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 02 Jul 2020 19:30 WIB
Empedu Beruang Foto: Nat Geo/Ist
Jakarta -

Selain kucing hitam yang diburu di Vietnam, empedu beruang juga jadi obat populer virus corona di China. Hal ini mengundang pro dan kontra.

Pada bulan April lalu ketika China masih dalam tahap pemulihan usai lockdown selama berbulan-bulan, muncul obat baru yang disarankan oleh pemerintah. Obat ini dikenal dengan nama Tan Re Qing. Berupa suntikan yang mengandung empedu beruang untuk pasien kritis virus Corona.

Empedu beruang ini dinilai ampuh untuk mengobati virus corona. Meski banyak pelindung hewan dan organisasi pecinta hewan yang menentang empedu beruang untuk dimasukkan ke dalam daftar obat. Hal ini dinilai kontradiksi bagi para pencinta hewan karena sebelumnya China sudah mencabut izin pedagangan daging hewan liar.

Sebelum adanya pandemi virus Corona, empedu beruang memang populer dijadikan sebagai obat tradisional di China. Bahkan banyak beruang yang diternak khusus untuk diambil empedunya, praktik ini mirip seperti ternak hati angsa atau foie gras di beberapa negara Eropa.

Dilansir dari National Geographic (02/07), berikut lima fakta menarik seputar empedu beruang.

Baca Juga: Disebut Jadi Obat Corona, Daging Kucing Hitam Diburu di Vietnam

1. Industrinya ada sejak dulu

Empedu BeruangEmpedu Beruang Foto: Nat Geo/Ist

Dikenal juga dengan nama beruang empedu, beruang yang satu ini dipelihara khusus di penangkaran untuk diambil empedunya. Empedu beruang sejak dulu menjadi komoditas populer untuk digunakan sebagai obat tradisional di China.

Menurut data yang dihimpun dari The Guardian, pada tahun 2015 saja setidaknya ada 12,000 ekor beruang yang diternak khusus untuk diambil empedunya. Peternakan ini tersebar di China, Korea Selatan, Laos, Vietnam dan Myanmar.

Berbeda dengan jenis beruang lainnya, biasanya peternak memilih jenis beruang hitam asiatik untuk ternak empedu. Tapi beberapa peternak juga suka menggunakan beruang madu meski populasi beruang ini diambang kepunahan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]