Inspiratif! Di Yogyakarta Ada Etalase Nasi Gratis, Siapapun Bisa Ambil dan Isi

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 02 Jul 2020 13:30 WIB
Etalase Tempat Nasi Gratis Jogja Foto: Instagram @voilajogja dan Instagram @tempatnasigratisjogja
Jakarta -

Berbuat baik bisa dengan cara apapun, seperti adanya etalase nasi gratis yang tersebar di Yogyakarta ini. Bisa diisi dan diambil oleh siapapun lho!

Tak hanya memberi uang dalam jumlah banyak untuk berbuat baik, hal sederhana pun terhitung perbuatan mulia. Salah satunya memberi makan orang-orang yang membutuhkan.

Di Yogyakarta, hadir beberapa etalase nasi yang tersebar di berbagai lokasi. Etalase tersebut tak terlalu besar, namun cukup untuk menaruh puluhan nasi bungkus di dalamnya.

Etalase Tempat Nasi Gratis JogjaEtalase Tempat Nasi Gratis Jogja Foto: Instagram @voilajogja


Baca Juga: 5 Kisah Netizen Baik Hati yang Sediakan Makanan Gratis di Depan Rumah

Etalase nasi gratis tersebut digagas oleh sebuah komunitas pada 27 Februari 2019 yang lalu. Tempat Nasi Gratis Jogja (TNGJ) tersebut dibuka selama 24 jam setiap harinya.

Etalase yang terdiri dari 2 tingkat ini sudah ada di 8 lokasi yang tersebar di Yogyakarta. Diantaranya di YAP Square, Infia Concept Photo Studio, Omah Geprek Nylekit Malioboro, hingga Social Agency Ambarukmo. Inisiatif ini digagas oleh Tempat Nasi Gratis Jogja dengan akun Instagram @tempatnasigratisjogja.

Siapapun berhak mengisi etalase tersebut, namun harus memenuhi persyaratan. Dirangkum dari Instagramnya, syarat untuk mengisi etalase tersebut adalah nasi harus dibungkus dengan kotak makan, mika, ataupun kertas. Selain itu, alat makan juga harus disediakan seperti sendok, garpu, dan sumpit.

Etalase Tempat Nasi Gratis JogjaEtalase Tempat Nasi Gratis Jogja Foto: Instagram @tempatnasigratisjogja


Untuk isian makanannya haruslah halal, bersih, awet, dan juga bergizi. Donatur juga perlu melengkapi nama makanan di kemasan agar tidak perlu dibuka lagi oleh setiap orang yang ingin mengambilnya.

Yang perlu diperhatikan juga, kalau lauknya berkuah harus dikemas dalam plastik. Tak hanya nasi bungkus yang mengenyangkan perut, bisa juga diisi dengan camilan dan minuman.

Etalase Tempat Nasi Gratis JogjaEtalase Tempat Nasi Gratis Jogja Foto: Instagram @tempatnasigratisjogja


Nasi bungkus gratis ini bisa diambil oleh siapapun yang membutuhkan. Seperti pengemis, pemulung, tukang parkir, pedagang keliling, petugas kebersihan, tukang becak, dan lainnya.

Sebelumnya 2 kota di Jawa Barat yaitu Bandung dan Purwakarta juga ada etalase nasi gratis. Lokasi di Bandung ada di pinggir Jalan Burangrang. Puluhan nasi bungkus dengan lauk tersedia antara pukul 11.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Lalu yang ada di Purwakarta lokasinya di Pasar Jumat, Jalan Jenderal Sudirman, Nagri Kaler, Purwakarta. Nasi gratis yang dibagikan ini juga tersedia lengkap dengan lauknya. Konsepnya pun sama siapapun boleh mengisi dan mengambilnya.

Baca Juga: Inspiratif, Komunitas di Purwakarta Sediakan Tempat Untuk Berbagi Nasi Gratis



Simak Video "Nikmatnya Menyantap Nasi Liwet Pedesaan Khas Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)