Erna Djajadiningrat, Wanita di Balik Bekal Makan Para Pejuang Kemerdekaan

Devi Setya - detikFood Kamis, 02 Jul 2020 10:30 WIB
erna djajadiningrat dapur umum pejuang Foto: istimewa
Jakarta -

Tak banyak yang tahu soal Erna Djajadiningrat, wanita tangguh ini bertanggung jawab atas bekal makan para pejuang. Di dapur umum, Erna memasak makanan untuk pejuang kemerdekaan.

Pengorbanan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Semua rakyat ikut andil memperjuangkan kemerdekaan, termasuk para wanita.

Salah satu wanita tangguh yang berjuang untuk membantu kemerdekaan Indonesia adalah Erna Djajadiningrat. Wanita kelahiran Serang, Banten 4 Maret 1911 ini punya peran besar dalam menyiapkan perbekalan dan makanan para pejuang kemerdekaan.

Dilansir dari berbagai sumber, Erna bersama dua rekannya Suwarni Pringgodigdo dan Maria Ulfah mendirikan organisasi Wani (Wanita Indonesia) pada tahun 1945. Dalam bahasa Sunda dan Jawa, Wani artinya adalah berani. Ya, Erna memang gencar menyuarakan hak para wanita.

Dikutip dari buku Seperempat Abad Badan Penghubung Organisasi-orgaisasi Wanita (BPOW), Erna memiliki tugas penting di dapur umum. Dapur yang digerakkan oleh organisasi Wani ini dibentuk untuk memfasilitasi para pejuang kemerdekaan agar lebih mudah mendapatkan pasokan makanan.


1. Dapur umum di Mampang, Jakarta Selatan

erna djajadiningrat dapur umum pejuangerna djajadiningrat dapur umum pejuang Foto: istimewa


Terbentuknya dapur umum ini adalah atas gagasan Ir. Soekarno yang ingin membuat para pejuang bisa mendapatkan makanan dengan cukup. Erna saat itu ditunjuk sebagai penanggung jawab.

Dapur umum ini awalnya berlokasi di Jalan Mampang No 47, Jakarta Selatan. Bangunan yang jadi pusat dapur ini tak lain adalah rumah Erna. Kemudian lambat laun, dapur umum berpindah lokasi ke Jalan Pegangsaan Timur No. 19, Jakarta.

Baca juga : Tiwul hingga Leughok, 5 Makanan Bekal Pahlawan Saat Perang Lawan Penjajah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3