5 Telur Unggas yang Punya Warna Cantik dan Tampilan Indah

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 01 Jul 2020 18:30 WIB
Telur Unggas Cantik Foto: iStock/Getty/Wiki Commons

4. Telur Burung Tinamou

Telur Unggas CantikTelur Unggas Cantik Foto: iStock/Getty/Wiki Commons

Tinamou merupakan burung pemalu yang jarang ditemukan orang karena kemampuan mereka berkamuflase. Burung yang satu biasanya ditemukan karena gerakan mereka yang lambat. Burung ini juga mudah panik jika melihat kerumunan atau bertemu orang.

Meski pemalu tapi burung Tinamou punya telur dengan warna natural yang cantik dan indah. Bentuknya bulat sempurna dengan warna biru pastel yang mengingatkan seperti hiasan di telur Paskah.

Paduan warna cerah ini berasal dari pigmen warna yang disebut nanostructure coloration. Sayangnya banyak burung Tinamou yang mati sia-sia. Karena biasanya mereka akan terbang dengan cepat saat bertemu orang atau hewan lain. Sampai akhirnya menabrak batang pohon dan tewas.


5. Telur Burung Emu

Telur Unggas CantikTelur Unggas Cantik Foto: iStock/Getty/Wiki Commons

Burung emu memiliki ukuran yang sangat besar dan tidak bisa terbang. Meski mirip dengan burung unta tapi emu berbeda karena memiliki warna yang cantik dan kualitas telur yang dicari banyak orang.

Warna telur dari burung emu ini biru kehijauan dengan ukurannya yang sangat besar. Satu telur emu setara dengan 12 telur ayam sehingga telur ini jadi makanan yang umum di Australia. Telur ini mengandung 50% bagian putih telur dan 50% kuning telur.

Telur emu bisa digunakan untuk membuat menu sarapan hingga dessert manis. Bahkan di Australia banyak restoran dan acara memasak yang menggabungkan telur emu ke dalam makanan. Sementara di Amerika harga telur emu harganya bisa mencapai $20 per butirnya. (Rp 318,340).

Baca Juga: Balut, Telur Isi Embrio Bebek yang Kontroversi Tapi Tetap Disukai

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)