7 Manfaat Telur Selain Dimakan, Jadi Lem hingga Masker

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Jul 2020 14:05 WIB
telur infertil Foto: iStock
Jakarta -

Manfaat telur begitu banyak untuk kehidupan sehari-hari. Selain dikonsumsi dengan berbagai cara, telur bisa jadi alternatif lem hingga masker wajah lho!

Telur adalah bahan makanan serba guna yang jadi andalan banyak orang. Hampir di tiap rumah pasti ada telur sebagai stok. Mengonsumsi telur semudah merebus atau menggorengnya saja. Rasanya enak dengan kandungan nutrisi yang baik seperti protein dan kalsium.

Telur juga jadi asupan pilihan banyak pelaku diet. Biasanya mereka sarapan atau makan malam dengan telur. Sebab makan telur membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga terhindar dari keinginan ngemil atau makan terlalu banyak nantinya.

Ternyata telur tak hanya bisa dimakan dan menyehatkan tubuh saja, tetapi memiliki banyak manfaat lain yang tak pernah kamu duga sebelumnya. Misalnya untuk membuat lukisan hingga lem. Belum lagi manfaat untuk tubuh seperti merawat kesehatan rambut dan muka.

Mashed merangkum 7 manfaat telur selain dimakan seperti berikut:

1. Melukis

sweet vanilla cupcake with buttercream put on wooden board, image soft tone.Foto: iStock

Cat minyak adalah media lukis populer yang masih banyak dipakai hingga saat ini. Namun sebelum muncul pada masa kebangkitan Italia, sekitar abad 1500 SM, media lukis bukanlah cat minyak tapi tempera telur.

Tempera telur terdiri dari pigmen yang ditumbuk halus, sedikit air, dan kuning telur yang dicampur jadi satu. Pembuatan tempera telur ini benar-benar setiap hari sebelum pelukis berkreasi karena kuning telur memiliki sifat tidak tahan lama. Tapi begitu diaplikasikan ke permukaan, tempera telur sangat stabil. Buktinya ada lukisan dengan media tempera telur yang masih bertahan sejak abad ke-4.

2. Lembapkan rambut
Rambut adalah mahkota wanita yang perlu dirawat agar tetap sehat dan berkilau. Jika ingin bahan alami untuk menyehatkan rambut, telur bisa jadi solusi. Hal ini karena telur mengandung protein.

Caranya baluri telur pada rambut, setelah itu diamkan sekitar 20 menit. Jika sudah, bilas dengan air dingin sampai bersih. Rambut akan menjadi semakin lembap dan minyak-minyak pada rambut juga akan hilang. Untuk rambut berminyak, bisa pakai putih telur saja. Namun untuk rambut kering, pakai kuning telurnya saja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ciri Telur Infertil yang Dilarang Beredar oleh Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]