Resep Nasi Goreng Petai ala Food Vlogger Amerika yang Masak di Gerobak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Jul 2020 13:00 WIB
Resep nasi goreng petai ala Mark Wiens Foto: YouTube Mark Wiens
Jakarta -

Mark Wiens adalah food vlogger Amerika yang jatuh cinta dengan makanan kaki lima. Dari Indonesia, ia sangat suka nasi goreng petai yang biasa dijual di gerobak!

Mark Wiens kini tinggal di Thailand. Ia menyebut dirinya sebagai 'full time eater' karena hobi makannya. Wiens eksis di Instagram @migrationology sekaligus YouTube Mark Wiens dengan subscriber mencapai 6,28 juta.

Wiens disukai banyak netizen karena ia tak sekadar makan, tetapi saat mencicipi makanan itu, ia akan menguak cerita di baliknya. Misal tentang sejarah, budaya, hingga proses pembuatan sebuah makanan.

Resep nasi goreng petai ala Mark WiensResep nasi goreng petai ala Mark Wiens Foto: YouTube Mark Wiens


Pada 28 Juni 2020, ia mengunggah video resep nasi goreng petai ala dirinya. Wiens masak langsung di gerobak, layaknya tukang nasi goreng kaki lima di Jakarta. Video ini merupakan bagian program "Street Food At Home" yang ia buat lantaran belum bisa traveling karena pandemi COVID-19.

Baca Juga: Serunya Makan Sambil Belajar Budaya Kuliner Bersama Mark Wiens

Di awal video Wiens bercerita soal nasi goreng yang merupakan makanan kaki lima populer di Jakarta. "Nasi goreng gampang dibuat, cepat, dan rasanya enak," kata pria yang menikahi wanita Thailand ini. Wiens terkenang kelezatan nasi goreng Indonesia saat ia berkunjung ke Jakarta tahun 2016.

Resep nasi goreng petai ala Mark WiensResep nasi goreng petai ala Mark Wiens Foto: YouTube Mark Wiens

Karenanya Wiens begitu semangat membuat nasi goreng petai sendiri. Pertama, ia membuat acar nasi goreng pakai mentimun, wortel, dan cabai rawit. "Tambahkan gula, cuka putih, dan sedikit garam," ujarnya sambil mengaduk-aduk acar sayuran.

Wiens tak ketinggalan membuat bawang merah goreng sendiri. Ia mengiris satu per satu siung bawang merah sampai tipis. Wiens lalu memberi tips, "Trik bikin bawang goreng renyah, tambahkan taburan garam dan pijit-pijit bawang merah. Karena kita ingin mengeluarkan airnya yang bisa menghasilkan tekstur renyah nantinya." Barulah irisan bawang merah digoreng sampai garing dalam minyak banyak.

Resep nasi goreng petai ala Mark WiensResep nasi goreng petai ala Mark Wiens Foto: YouTube Mark Wiens

Kerupuk udang juga digoreng Wiens untuk pelengkap nasi goreng petainya nanti. Setelah semuanya siap, barulah ia membuat bumbu sambal nasi goreng. Bahannya ada cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih dengan sedikit garam. Wiens menumbuknya sampai halus dengan ulekan dan cobek.

Lanjut ke proses menggoreng telur. Ia membuat telur mata sapi yang pinggirannya renyah dan kuningnya matang sebagai topping. Untuk petai, Wiens menggorengnya bersama sambal nasi goreng. "Sangat wangi dengan harum bawang putih dan cabai," ujarnya.

Setelah itu, Wiens menambahkan telur mentah untuk diorak-arik bersama sambal dan petai. Diikuti nasi putih yang merupakan nasi sisa kemarin. Kata Wiens, nasi goreng lebih enak dibuat dengan nasi sisa, bukan nasi yang baru matang.

Resep nasi goreng petai ala Mark WiensResep nasi goreng petai ala Mark Wiens Foto: YouTube Mark Wiens

"Selanjutnya, bahan penting adalah banyak kecap manis," katanya. Ia juga menambahkan lada dan kecap asin pada resep nasi goreng petai buatannya.

Terlihat nasi gorengnya menggiurkan dengan warna cokelat lumayan gelap. Petainya pun banyak, masih berwarna hijau cerah. Untuk garnish, Wiens menambahkan irisan tomat dan mentimun. Tak lupa acar, bawang merah goreng, kerupuk, dan telur mata sapi yang sebelumnya sudah ia buat.

Wiens ternyata tak hanya membuat satu, ia juga membuat nasi goreng tak pedas untuk anaknya yang baru berusia 3 tahun. Sementara untuk dirinya memakai 20 buah cabai rawit. Hal ini tak mengherankan karena Wiens adalah pencinta pedas.

Resep nasi goreng petai ala Mark WiensResep nasi goreng petai ala Mark Wiens Foto: YouTube Mark Wiens

"Oh Tuhan, ini enak. Yang penting dari nasi goreng itu sambalnya segar lalu digoreng, sangat wangi. Kedua, kecap manis yang akan memberi rasa manis dan asin," pungkasnya. Makin enak saat resep nasi goreng petai buatannya dipadukan acar sayuran.

Netizenpun ramai memberi komentar pada video Wiens. Kebanyakan mereka ngiler dengan buliran petai yang besar. Ada juga yang merasa nostalgia dengan kenikmatan nasi goreng khas Indonesia.

Baca Juga: 'Street Food' di Bangkok Kembali Buka dengan Protokol Kesehatan Baru



Simak Video "Masak Masak: Resep Nasi Goreng Mawut Pedas Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)