Kuliner Ini Bisa Dinikmati Sambil Lihat Subak yang Jadi Google Doodle

Rosmha Widiyani - detikFood Senin, 29 Jun 2020 16:30 WIB
Warisan Budaya Bali Subak Jadi Google Doodle Hari Ini Foto: Google Doodle/ Istimewa/Kuliner Ini Bisa Dinikmati Sambil Lihat Subak yang Jadi Google Doodle
Jakarta -

Google Doodle hari ini Senin (29/6/2020) menampilkan subak yang merupakan sistem pengairan sawah khas Bali. Sistem irigasi ini merupakan wujud kerja sama para petani sehingga bisa sama-sama berhasil mengolah sawah dan panen.

Namun tentunya, wisata di Bali bukan cuma sistem pengairan Subak yang sempat masuk Google Doodle. Makan kuliner enak sambil melihat pemandangan subak dan sawah yang hijau bisa jadi alternatif wisata usai pandemi virus corona.

Biar nggak penasaran, berikut kuliner di Bali yang bisa dikonsumsi sambil lihat subak di Bali yang muncul pada Google Doodle:

1. Sate lilit

Salah satu kuliner Bali yang bisa dilihat sambil melihat subak adalah sate lilit. Menu ini bisa didapat di Lesehan Merta Sari yang dikabarkan jadi pilihan Presiden RI periode 2001-2004 Megawati Soekarnoputri. Sate dibuat dari ikan tuna segar dengan bumbu rempah khas Bali dengan rasa yang enak.

2. Ayam betutu

Menu ayam betutu yang populer bisa jadi pilihan berikutnya sambil melihat subak dan sawah di Bali. Ayam betutu dimasak dengan bumbu Bali dengan rasa yang sangat khas. Beberapa bumbu yang digunakan adalah bumbu genep, bumbu wewangenan, minyak kelapa, dan garam.

3. Nasi campur khas Bali

Nasi campur khas Bali menggunakan bumbu dasar atau biasa dikenal Base Genep. Bumbu base genep merupakan bumbu khas Bali yang terdiri dari bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, terasi, daun limau, dan daun salam

4. Di mana bisa lihat subak?

Dikutip dari situs Wonderful Indonesia, subak bisa dilihat di Tegallalang yang berjarak sekitar 15 kilometer di Ubud utara. Wilayah lain adalah di sekitar Desa Abang du Amlapura yang terletak di lembah timur Gunung Agung.

5. Subak jadi warisan dunia

Sebagai tambahan info, subak menjadi salah satu daftar warisan dunia seperti terlihat di situs United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) World Heitage Convention (WHC). Subak yang terdaftar sebagai Cultural Landscape of Bali Province menerima status tersebut pada 20 Juni 2012 di St Petersburg, Rusia.



Simak Video "Catat! Aturan Baru Jika Mau Makan di Mal Kota Kasablanka"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)