Bisnis Kuliner Online

Jualan Dimsum Kekinian Modal Rp 100 Ribu

Devi Setya - detikFood Minggu, 28 Jun 2020 10:00 WIB
dimsum Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online
Jakarta -

Selama masa pandemi corona, dimsum termasuk makanan yang paling diburu. Untuk jualan dimsum ternyata caranya mudah dan modalnya hanya Rp 100 ribuan.

Pemilik channel youtube Aza Kitchen membagikan tips mudah dan murah memulai bisnis kuliner kekinian. Ia membuat produk dimsum yang tengah digandrungi masyarakat. Dimsum ini juga bisa dibuat dalam versi frozen sehingga awet disimpan lama.

Video berdurasi 7 menit ini menampilkan proses membuat dimsum lengkap dengan resep dan takaran bahannya. Caranya sangat mudah, setiap langkah pembuatan juga disertai dengan penjelasan. Jadi siapapun yang berniat memulai bisnis dimsum bisa mengikuti cara ini.

bisnis dimsumbisnis dimsum Foto: youtube Aza Kitchen


Bahan yang diperlukan antara lain daging ayam, daun bawang, bawang merah, bawang putih, tepung tapioka, garam, gula, kaldu ayam, minyak ikan dan saus tiram. Jumlah porsi yang dibuat bisa menyesuaikan budget. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan membeli satu kilogram daging ayam. Dari keuntungan yang didapat, kamu bisa memutarkan modal ini hingga jumlahnya cukup besar.

Baca juga : Rahasia Bisnis Kuliner Online yang Laris di Tengah Corona


Untuk membuat dimsum, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan daging dari kulit dan tulang ayam. Daging ayam kemudian digiling hingga halus sebelum dicampur dengan aneka bumbu.

Dimsum ayam ini terbilang mudah dibuat karena prosesnya hanya mencampurkan ayam giling dan aneka bahan lainnya. Kemudian diaduk hingga rata, bungkus menggunakan kulit pangsit dan kukus hingga matang.

Pemilik channel youtube ini mengatakan untuk tidak terpaku pada takaran bahan, artinya kamu bisa membuat dimsum sesuai selera. Untuk harga jual, pastinya juga disesuaikan dengan penggunaan bahan baku dan ukuran porsi dimsum.

bisnis dimsumbisnis dimsum Foto: youtube Aza Kitchen


Selain dimsum ayam original, kamu juga bisa membuat dimsum ayam jamur dan wortel. Cara pembuatannya sama, yang membedakan hanya komposisi dan tampilan dimsum saja.

Satu porsi dimsum dibanderol mulai harga Rp 12-15 ribuan. Kini juga ada dimsum frozen kemasan besar yang kerap jadi stok makanan beku di rumah. Setelah dimsum jadi, tinggal melancarkan strategi pemasaran.

Baca juga : Mau Ngedimsum? Bisa Pesan Online di 5 Tempat Dim Sum Ini

dimsumdimsum Foto: Istimewa


Untuk tahap awal pemasaran dimsum, kamu bisa menawarkan kudapan gurih ini pada keluarga, teman atau tetangga. Mulai dari sini kamu bisa meningkatkan produksinya. Pasar yang lebih besar bisa datang dari penjualan online.

Manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk dimsum. Pemilik channel youtube ini bahkan menyarankan untuk menjual produk lewat grup Facebook yang memiliki banyak pengikut. Lewat cara ini, bisnis dimsum kekinian bisa berjalan walaupun hanya mengandalkan dapur rumah saja.

Untuk membuat dimsum enak anti gagal, kamu bisa melihat resep lengkapnya di sini.



Simak Video "Nikmatnya Dimsum Gonggong yang Buat Hati Plong!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online