Bisnis Kuliner Online

Sindiran Keras Buat Teman yang Kerap Bikin Bangkrut

Devi Setya - detikFood Minggu, 28 Jun 2020 12:00 WIB
sindir teman yang minta gratisan Foto: iStock
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online
Jakarta -

Memulai bisnis kuliner juga harus kuat mental karena kalau lengah justru bisnis bisa bangkrut akibat ulah teman sendiri. Ada beberapa teman yang justru bikin rugi.

Sebagai penjual pemula, pastilah kamu otomatis akan menawarkan produk ke keluarga dan teman. Cara ini memang tepat dilakukan sebagai langkah pertama. Tapi hati-hati juga dengan teman yang justru berpotensi menghancurkan bisnis kamu.

Dari akun instagram @gilalogie disebutkan beberapa ciri teman yang bisa bikin bisnis kamu bangkrut dan tak berkembang. Hal ini berlaku untuk semua jenis usaha, termasuk usaha kuliner.

Berikut beberapa ciri teman yang bisa bikin bisnis bangkrut.

1. Minta gratisan

sindir teman yang minta gratisansindir teman yang minta gratisan Foto: iStock



Tak bisa dipungkiri, semua orang pasti suka gratisan. Dan hampir semua pebisnis memiliki teman yang hobinya minta gratisan. Dalam dunia kuliner, hal ini juga kerap terjadi. Ada saja teman yang minta gratisan dengan dalih tester atau produk percobaan.

Wajar saja kalau orang penasaran dengan rasa makanan atau minuman tapi meminta gratisan termasuk hal yang tidak etis. Untuk memulai bisnis pasti dibutuhkan modal, jika ada banyak teman yang minta gratisan, bisa-bisa bisnis keburu bangkrut sebelum mulai berjalan. Tak ada salahnya membeli satu porsi makanan atau minuman dagangan teman, apalagi harga kuliner terbilang terjangkau.

Baca juga : Rahasia Bisnis Kuliner Online yang Laris di Tengah Corona


2. Minta harga teman

sindir teman yang minta gratisansindir teman yang minta gratisan Foto: iStock


Sebenarnya dalam bisnis tidak ada istilah harga teman. Pemilik usaha biasanya memberikan potongan harga untuk keluarga atau teman, tapi kebanyakan orang langsung meminta harga teman alias minta potongan harga.

Padahal untuk bisnis online makanan dan minuman, biasanya penjual tak mengambil untung tinggi. Cobalah membantu teman dengan melarisi dagangannya tanpa meminta harga teman ataupun diskon. Kalau semua teman atau kerabat meminta diskon, bisa-bisa bisnis tak berjalan karena pendapatannya menurun drastis.

3. Ngutang dulu
Hal yang paling dibenci para pebisnis adalah teman atau pembeli yang minta hutang dulu. Ini yang membuat bisnis jadi berantakan sekaligus menghancurkan pertemanan. Sekecil apapun, hindari hutang untuk membeli makanan dari usaha teman.

Sebagian pemilik usaha kuliner memilih berjualan untuk memenuhi kebutuhan hariannya dari keuntungan yang mereka dapat. Apalagi di masa pandemi seperti ini, jika kamu berhutang itu tandanya sama saja dengan berusaha mematikan bisnis teman kamu. Untuk bisnis kuliner, semakin banyak yang berhutang maka tidak ada lagi uang untuk perputaran modal.

4. Tak mau memberi saran dan masukan

Ada tipe pembeli yang dengan senang hati akan memberi kritik, saran dan masukan agar bisnis tetap berjalan dan semakin baik lagi kualitasnya. Namun ada juga yang ogah memberi masukan alias cuek. Padahal bisnis kuliner membutuhkan saran serta masukan agar bisa berkembang.

Lagi-lagi peran negatif dari teman seperti ini akan menghancurkan bisnis. Tak ada salahnya mengkritisi rasa ataupun tampilan makanan asalkan tujuannya baik agar bisa meningkatkan kualitas. Sebagai pembeli pun harus mau menerima kritik dari teman supaya produk makanan maupun minuman jadi sesuai dengan selera yang disukai pasar.

Baca juga : Ide Bisnis Kuliner Camilan dengan Modal Kecil, Ada Gorengan hingga Roti Bakar


5. Tak membantu promosi

sindir teman yang minta gratisansindir teman yang minta gratisan Foto: iStock


Memang tidak bisa memaksa teman untuk membantu promosi bisnis kuliner kamu. Alih-alih mengharapkan teman melakukan promosi, lebih baik meningkatkan kualitas.

Jika kualitas produk sudah bagus dan rasanya enak, teman ataupun pelanggan lain akan dengan senang hati melakukan promosi tanpa diminta. Sebaliknya, daripada mengharapkan promosi dari orang lain lebih baik kamu gencar melancarkan strategi pemasaran lewat media online. Manfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram maupun Twitter supaya pelanggan lebih banyak tertarik.



Simak Video "Chef Arnold, Gibran dan Kaesang Kolaborasi Bisnis Kuliner Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online