ADVERTISEMENT

5 Cara Budi Daya Jamur Enoki di Indonesia, Bisa Dipanen Setelah 14 Hari

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 27 Jun 2020 15:30 WIB
Cara budi daya jamur enoki
Cara budi daya jamur enoki Foto: iStock

4. Perawatan Jamur Enoki

Cara budi daya jamur enokiCara budi daya jamur enoki Foto: iStock

Perawatan jamur enoki juga terbilang susah-susah gampang. Sebelumnya, pastikan dulu bahwa miselium jamur sudah muncul. Kemudian, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiram secara rutin pada atap dan lantai ruang tanam.

Penyiraman dapat dilakukan sekali dalam sehari, yaitu di pagi atau sore hari. Namun, ketika cuaca panas penyiraman boleh dilakukan sebanyak dua kali. Kemudian ketika miselium jamur sudah tumbuh hingga memenuhi 3/4 botol, jangan lupa untuk membuka penutup kapas agar jamur dapat tumbuh sempurna.

Kemudian siram ruangan secara rutin untuk menjaga kelembaban area budidaya. Selain itu, pastikan juga suhu ruangan tertutup, yaitu sekitar 20 derajat Celcius hingga 30 derajat Celcius.

5. Waktu Panen Jamur Enoki

Enoki mushrooms closeupEnoki mushrooms closeup Foto: Getty Images/iStockphoto

Jamur enoki dapat dipanen ketika sudah berusia 14 hari terhitung dari waktu penanaman dilakukan. Atau bisa juga saat usianya maksimal 30 hari.

Tanda bahwa jamur enoki sudah dapat dipanen adalah ketika jamur tumbuh keluar dari media tanam dengan tinggi yang seragam. Nah, untuk memanen jamur enoki sebaiknya dilakukan saat sore hari agar kesegaran jamur tetap terjaga dengan baik.

Cara memanennya adalah dengan mencabut jamur dari media secara perlahan. Saat memanen jangan lupa untuk memakai sarung tangan. Kemudian, simpan jamur enoki di ruangan yang sejuk.

Baca Juga : Jamur Enoki Berbahaya Karena Bakteri Listeria, Ini Faktanya



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT