ADVERTISEMENT

5 Cara Budi Daya Jamur Enoki di Indonesia, Bisa Dipanen Setelah 14 Hari

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 27 Jun 2020 15:30 WIB
Cara budi daya jamur enoki
Cara budi daya jamur enoki Foto: iStock

2. Pembuatan Media Tanam

Cara budi daya jamur enokiCara budi daya jamur enoki Foto: iStock

Bahan-bahan yang telah disediakan kemudian dicampur menjadi satu dengan ditambah sedikit air. Pastikan untuk tidak terlalu basah. Campuran bahan tersebut memerlukan Ph 6,5. Jika Phnya berlebih kamu bisa tambahkan lebih banyak bekatul.

Sementara bila Phnya masih kurang, kamu bisa menambahkan kapur. Jerami yang digunakan untuk budidaya jamur enoki adalah jerami yang sudah direndam air dan difermentasi menjadi kompos selama 3 hingga 6 bulan.

Nah, untuk serbuk kayu yang dapat digunakan adalah dari kayu karet, kayu nangka, kayu pule atau kayu sengon. Pilihlah serbuk kayu yang masih segar. Setelah semua bahan tercampur, masukkan ke dalam botol kaca hingga penuh. Kemudian pada bagian atas botol ditutup menggunakan koran.

3. Proses Inokulasi

Cara budi daya jamur enokiCara budi daya jamur enoki Foto: iStock

Inokulasi merupakan proses di mana sudah masuk dalam tahap menanam bibit jamur ke media tanam. Sebelum melakukannya, pastikan ruangan dalam keadaan steril dan juga sirkulasi udaranya lancar.

Untuk memasukkan bibit jamur enoki ke dalam media tanam bisa menggunakan pinset. Letakkan bibir dengan cara menyebarkan di sekitar permukaan media tanam. Baru kemudian ditutup menggunakan kapas.

Lalu, letakan media tanam yang sudah diisi bibit ke dalam ruang inkubasi. Susun di rak yang sudah disiapkan. Kemudian ditutup menggunakan plastik yang berwarna gelap agar cahaya matahari tidak masuk terlalu banyak.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT