5 Cara Budi Daya Jamur Enoki di Indonesia, Bisa Dipanen Setelah 14 Hari

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 27 Jun 2020 15:30 WIB
Cara budi daya jamur enoki Cara budi daya jamur enoki Foto: iStock
Jakarta -

Budi daya jamur enoki yang tidak baik dapat menyebabkan jamur enoki terkontaminasi dengan bakteri listeria. Seperti yang baru-baru ini terjadi.

Jamur enoki merupakan tanaman asli China, Jepang dan Korea. Jamur enoki dikenal sebagai bahan campuran makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan. Bahkan jamur enoki pernah jadikan sebagai obat tradisional karena kandungan asam amino, lisin, ergothioneine di dalamnya.

Namun, baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan ditariknya jamur enoki dari peredaran oleh Kementerian Pertanian atau Kementan. Itu karena ditemukan bakteri listeria pada jamur enoki yang dapat membahayakan manusia jika dikonsumsi.

Namun, tidak semua jamur enoki berbahaya. Kementan hanya melakukan penarikan produk jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan. Terkontaminasinya bakteri pada jamur enoki bisa disebabkan karena cara budidayanya yang salah.

Pasalnya pembudidayaan jamur enoki harus dilakukan secara steril baik pada bibit, media tanam, ruangan, udara hingga orang yang melakukan budidaya itu sendiri.

Berikut ini, 5 cara budi daya jamur enoki yang baik dan benar.

1. Alat dan Bahan

Cara budi daya jamur enokiCara budi daya jamur enoki Foto: iStock

Sebelum melakukan budi daya jamur enoki, dua hal yang harus disiapkan adalah alat dan bahan. Adapun alat yang diperlukan adalah botol kaca tahan panas sebagai media tanam.

Selain itu, siapkan pula alat sterilisasi, rak penempatan bibit dan ruangan khusus. Sementara untuk bahannya yang harus disediakan adalah media untuk penanaman berupa bekatul, kapur, serbuk kayu, jerami dan pupuk jenis urea.

Selain itu juga siapkan bibit F2 jamur untuk mendukung proses budidaya jamur enoki dapat berjalan dengan lancar, seperti yang dikutip dari Tips Budidaya (09/04).

Baca Juga : 5 Fakta Jamur Enoki yang Disebut Sebabkan Listeria

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com