Renny Sutiyoso Bisnis Rawon Buntut Rp 500 Ribu, Apa Istimewanya?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 27 Jun 2020 10:00 WIB
Renny Sutiyoso Foto: Instagram rennysutiyoso
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online

4. Disukai pejabat hingga rekan artis

Renny mengakui kalau bisnis kuliner online-nya ini terbantu dengan media sosial, khususnya Instagram. Salah satu pelanggan awal yang mempopulerkan rawon buntut Renny adalah Dian Sastro.

"Dia bilang bilang mau rawonnya. "Lo bukannya vegetarian ya?" Terus kata dia "Yaudah deh nggak apa-apa. Sekali kali". Pas aku kirim ternyata Dian langsung suka. Hari itu lagi bulan puasa. Terus dia langsung beli banyak banget dan dikirim ke temen dia yang kebetulan orang-orang yang lumayan terkenal, banyak followersnya. Dari situ memang the power of Instagram juga kali ya," ujar Renny.

Selain Dian Sastro, rawon buntut Renny juga pernah dicoba Nagita Slavina, Dimas Beck, Ncess Nabati, Raisa, sampai atlet seperti Aero Aswar dan Ananda Mikola. Pun pejabat dan tokoh-tokoh terkenal lain seperti Erick Thohir, Kapolda Metro, Agus Martowardoyo (eks Gubernur BI), dan banyak lainnya.

5. Strategi endorse yang tepat

Tips Bisnis Kuliner dari Renny SutiyosoRenny Sutiyoso Foto: Instagram Renny Sutiyoso & Rabun Rensut

Renny punya pandangan menarik soal endorse rawon buntut miliknya. Ia merasa tidak harus selalu endorse orang terkenal, tapi perhatikan juga orang tepat.

"Karena buat aku bisnis ini bukan masalah abis di tag trus naik followers-nya aja tapi juga terkenang di lidah mereka sehingga mereka mau order lagi. Karena jujur pembeli aku kan juga banyak pejabat dan orang tua yg memang gak main Instagram, tapi mereka emang suka karena anak nya beli atau waktu itu ada yang kirim ke mereka," tambahnya lagi.

Meski pesanan rawon buntut Renny Sutiyoso membludak, ia tetap tak mau ngoyo atau memaksakan. "Aku juga nggak mau serakah. Kalau kita misalnya mampu produksinya 10, ya segitu aja. Ada limitnya pasti dong. Kita nggak usah serakah nambahin tapi malah keteter. Akhirnya mengecewakan orang lain. Waktu itu aku pernah coba, tapi keteteran. Jadi aku belajar nggak boleh serakah," tutup wanita ramah ini.

Baca Juga: Renny Sutiyoso Sukses Jual Rawon Buntut Rp 500 Ribu, Intip Tips Bisnisnya

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com