Renny Sutiyoso Bisnis Rawon Buntut Rp 500 Ribu, Apa Istimewanya?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 27 Jun 2020 10:00 WIB
Renny Sutiyoso Foto: Instagram rennysutiyoso
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online

2. Renny terjun langsung untuk masak rawon buntut

Renny rupanya tak main-main dengan bisnis kuliner terbarunya ini. Ia terjun langsung untuk memasak rawon buntut pesanan pelanggan. "Semua proses masak masih di rumah. Sekarang masak tetap masih aku, potong-potong pakai food processor dan lain-lain," katanya.

Dalam sehari Renny kini bisa memasak 40 kg buntut. Ia menjual online di Instagram dan situs marketplace. Diakui Renny, PO pemesanan rawon dirinya kini sudah sampai satu bulan. Renny pun tak menyangka kalau bisnis kulinernya bakal viral.

"Aku bener-bener nggak nyangka, mama papa aku nggak ngerti. Banyak yang bilang ke papa 'Om itu rawonnya Renny terkenal banget.' Terus papa nanya ternyata kamu bikin rawon? Saking orderan banyak aku sampe nggak kepikiran kirim ke orang tua aku," tutur putri mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso ini.

3. Keistimewaan rawon buntut Rp 500 ribu

Tips Bisnis Kuliner dari Renny SutiyosoTips Bisnis Kuliner dari Renny Sutiyoso Foto: Instagram Renny Sutiyoso & Rabun Rensut

Renny menjual rawon buntutnya bukan per porsi melainkan per ukuran 1/2 kg dan 1 kg buntut. Ia bercerita, "Aku nggak jualan porsian karena menurut aku jual porsian atau nggak sama-sama repot. Dari pertama kita tes market, kita jadi belajar. Mana yang orang suka. Akhirnya jual setengah kilo dan sekilo."

Ia berani menjamin harga mahal itu sebanding dengan rasa dan kualitasnya. Renny mengatakan, "Kalau emang Rp 500 ribu ya kalau menurut aku ada harga ada barang. Aku tahu kalau aku sendiri makan enak, mahal murah gapapa. Yang penting enak dan puas. Trust me dengan Rp 500 ribu itu lo nggak bakal nyesel. Dapetnya banyak, dapetnya dengan flavor. Tapi anehnya orang beli lagi loh!"

Rawon buntut Renny Sutiyoso dikemas dalam besek bambu. Untuk inipun ia punya alasan. "Karena aku pikir kan rawon dari Indonesia, sayang banget kalau kemasannya kekinian atau modern," ujarnya. Pelengkap rawon juga tak main-main. Ia memastikan pembeli mendapat cukup sambal hingga kerupuk supaya rawon bisa dinikmati maksimal sampai tetes terakhir.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com