Terungkap! Ikan Fillet Dori Ternyata Ikan Patin

Devi Setya - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 09:00 WIB
Fresh raw pangasius fish isolated on white background Foto: Getty Images/iStockphoto/Valerii Evlakhov
Jakarta -

Ikan dori atau fillet dory populer dijadikan menu fish and chips, tahukah kamu kalau ikan ini sebenarnya ikan patin? Jangan kaget, ikan fillet dori dan ikan patin adalah ikan yang sama.

Hampir semua orang mengira kalau fillet dori berasal dari jenis ikan john dory yang hidup di laut. Padahal aslinya, ikan dori fillet yang beredar luas di pasaran merupakan jenis ikan patin. Fakta lainnya, ikan ini hidup di air tawar.

Berawal dari cuitan pengguna akun twitter @hcahyono, pria bernama Heru ini mengunggah fakta seputar ikan dori fillet. Ia membeberkan kalau fillet ikan dori sebenarnya bukanlah jenis ikan dori, melainkan ikan patin.

"Ternyata banyak yang baru tau kalau Dori fillet yang dibeli di modern market atau cafe cafe adalah fillet ikan patin," beber Heru sambil menunjukkan foto daging ikan dori.

Fresh raw pangasius fish isolated on white backgroundFresh raw pangasius fish isolated on white background Foto: Getty Images/iStockphoto/Valerii Evlakhov



Baca juga : Fillet Ikan Untuk 'Fish and Chips' Pakai Kulitnya atau Tidak? Ini Penjelasan Chef


Cuitan tanggal 21 Juni 2020 ini kemudian langsung ramai diperbincangkan. Ribuan netizen memberi tanggapan beragam. Sebagian besar orang tak mengira kalau ikan dori tak lain adalah daging ikan patin.

Dori sebenarnya digunakan sebagai merek dari produsen ikan yang berbasis di Vietnam. Namun orang-orang justru menyangka kalau dori adalah nama jenis ikan. Dori termasuk ikan fillet yang laris manis di pasaran terutama di pasar modern atau supermarket.

Ikan ini banyak diolah jadi beragam makanan. Yang paling populer yakni digoreng dengan balutan tepung dan disajikan bersama kentang goreng yang dikenal dengan sebutan fish and chips. Daging ikan berwarna putih ini terbilang empuk dan tebal, rasanya juga gurih jadi tak heran banyak digemari.

Fakta soal daging ikan dori alias patin ini kemudian memancing komentar dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Lewat komentarnya, Susi berpesan agar lebih hati-hati memilih dan membeli ikan.

Fresh raw pangasius fish isolated on white backgroundFresh raw pangasius fish isolated on white background Foto: Getty Images/iStockphoto/Valerii Evlakhov


"Hati-hati dengan yang impor dari Vietnam. Juga yang memakai pemutih dan cairan pelapis. Beli ikan tenggiri, mujair, bandeng segar lebih sehat," ujar Susi. Perempuan nyentrik ini juga menjelaskan kalau ikan dori dan ikan patin sebenarnya berasal dari jenis yang sama.

"Dori dan patin adalah jenis ikan yang sama sama. Yg tidak tahu yg beli dikira ikan dori itu bukan ikan patin. Yg bodoh yg merasa lebih bergengsi makan ikan dori daripada ikan patin," beber Susi.

Jika menemukan ikan fillet dengan merek Dori, itu artinya ikan patin yang berasal dari Vietnam. Sebenarnya di Indonesia, sudah ada produsen ikan patin yang berkualitas.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia punya brand untuk jenis ikan patin yakni 'Indonesian Pangasius' yang diluncurkan pada 22 November 2018 di Jakarta.

Fresh raw pangasius fish isolated on white backgroundFresh raw pangasius fish isolated on white background Foto: Getty Images/iStockphoto/Valerii Evlakhov


Baca juga : Yummy! Malam Ini Paling Asyik Makan Fillet Ikan Dory yang Lembut Gurih


Brand ikan patin ini punya target pasar dalam negeri dan ASEAN. Produk ikan patin lokal ini diklaim punya banyak kelebihan dari segi kualitas. Ikan patin ini dibudidayakan dengan probiotik dan bukan antibiotik sehingga terjamin lebih sehat.

Ikan patin lokal ini juga diternak dalam kolam air tanah yang bersih. Pasar ikan patin lokal saat ini masih melingkupi dalam negeri dengan persentase mencapai 50 persen.

Industri ikan pangasius atau patin Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat dilihat dari produksi yang terus meningkat dalam sepuluh tahun terakhir dari 33.000 ton di tahun 2006 menjadi 437.000 ton di 2016. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu produsen ikan patin terbesar di dunia.



Simak Video "Gurih Kriuk Nugget Ikan Patin yang Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)