Waduh! Seekor Iguana Ditemukan dalam Freezer Restoran Pizza

Devi Setya - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 15:00 WIB
Iguan and her meal Foto: Getty Images/iStockphoto/Suzana Dreno
Jakarta -

Seekor iguana berbobot 36 kilogram ditemukan di dalam freezer sebuah restoran pizza. Iguana ini rencananya akan dimasak jadi makanan.

Dikabarkan Fox News (24/6) seekor iguana seberat 80 pon atau sekitar 36 kilogram ditemukan secara tidak sengaja. Tubuh iguana malang ini meringkuk di dalam freezer restoran. Menurut pegawai resto, iguana ini rencananya akan dimasak untuk disantap.

Restoran bernama West Pa Beach Pizza Mambo di Florida harus berurusan dengan pihak kepolisian lantaran menyimpan iguana mati di dalam lemari pendingin restoran. Iguana ini kabarnya merupakan hadiah pemberian dari pemiliknya untuk dijadikan makanan. Namun belum sempat diolah, iguana ini keburu diamankan pihak berwajib.

Iguan and her mealIguan and her meal Foto: Getty Images/iStockphoto/Suzana Dreno



Baca juga : Bernyali Besar! Wanita Cantik Ini Berani Makan Iguana


Penemuan iguana secara tidak sengaja ini terjadi ketika petugas kesehatan melakukan pemeriksaan sesuai standar kebersihan restoran. Para petugas menemukan iguana beku ini di dalam lemari es kecil yang terpisah dari tempat penyimpanan bahan makanan.

Meskipun demikian tapi petugas tetap tidak mengizinkan pihak restoran untuk menyimpan iguana ini karena menyalahi standar dan aturan yang berlaku. Kadal raksasa ini kemudian terpaksa harus dibuang.

Bukan hanya menemukan seekor iguana besar, pihak petugas kesehatan juga menemukan 27 pelanggaran kesehatan lainnya di restoran ini. Beberapa pelanggaran itu antara lain ditemukannya kotoran tikus, kecoa mati, makanan berjamur dan peralatan masak yang kotor.

Temuan ini akhirnya memaksa pemilik restoran untuk menutup bisnis kulinernya ini pada 18 Juni 2020. Penutupan ini bersifat sementara sampai petugas kesehatan memastikan kalau restoran sudah bersih dan memenuhi standar yang ada.

Iguan and her mealIguan and her meal Foto: Getty Images/iStockphoto/Suzana Dreno


Baca juga : Terancam Krisis Pangan, Ahli Pemerintahan Nikaragua Sarankan Konsumsi Iguana


Iguana sebenarnya bukanlah hewan yang dagingnya biasa dikonsumsi, namun beberapa orang memilih mencoba menikmatinya sebagai salah satu kuliner ekstrim. Di Nikaragua, daging iguana bahkan diolah jadi makanan yang paling diburu.

Masyarakat Nikaragua percaya menyantap daging iguana akan memberikan efek kesehatan bagi tubuh. Biasanya daging hewan reptil ini dimasak jadi olahan sup. Rasa daging iguana cenderung hambar jadi terkadang diberi tambahan kaldu ayam agar lebih gurih.



Simak Video "Masak Masak: Mudah! Membuat Pizza ala Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)