5 Versi Telur Dadar Populer Buat Sarapan, Mana Favoritmu?

Odilia WS - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 06:00 WIB
variasi omelet untuk sarapan Foto: Instagram


4. Dadar Keriting

Telur dadar keriting dikenal di daerah Jawa Tengah dan Sumatera Barat. Sebenarnya hanya telur segar yang dikocok dengan merica dan garam. Hanya saja dimasak dengan cara digoreng dalam minyak banyak hingga telur terendam. Hasilnya bagian pinggir telur keriting dan kering sehingga rasanya gurih enak.

Di Jawa Tengah terlu dadar keriting ini biasanya dicampur dengan irisan daun bawang atau sambal terasi. Menjadi menu andalan banyak warung tegal atau warung nasi. Biasanya telur digoreng dengan minyak jelantah sehingga rasanya lebih gurih enak.

Di Sumatera Barat telur dadar keriting dikenal dengan nama talua barendo atau telur berenda. Dibuat dari telur bebek yang dicampur sedikit sambal. Karena itu selain tebal dan besar rasa telur dadar makin gurih renyah. Cukup disantap dengan nasi hangat.

Telur Dadar Keriting ala Thai5 Versi Telur Dadar Populer Buat Sarapan. Foto: Dok. Suthon Sukphisit



5. Dadar Kembung

Telur dadar ini diberi isian kentang yang dihaluskan, irisan daun kunyit dan sambal. Kemudian digoreng dalam wajan cekung hingga kering dan matang. Telur ini banyak dijajakan di warung makan atau restoran Padang.

Aroma segar daun kunyit dan sambal menjadi ciri khasnya. Beberapa orang ada yang menambahkan dengan kelapa parut sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Karena telur dadar ini jadi gendut dengan tambahan isian, orang menyebutnya sebagai telur kembung.

Sebenarnya mudah dimasak sendiri, tetapi jika ingin prkatis cukup membeli di rumah makan Padang. Telur kembung ini makin enak disantap dengan siraman kuah gulai ditambah sambal lado mudo atau balado. Meski sederhana telur kembung bisa jadi menu sarapan yang sedap, cukup dengan nasi putih saja.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Resep Bikin Telur Dadar Kuah ala Ussy Sulistyawati"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)