5 Versi Telur Dadar Populer Buat Sarapan, Mana Favoritmu?

Odilia WS - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 06:00 WIB
variasi omelet untuk sarapan Foto: Instagram


2. Telur Dadar Campur

Telur dadar aduk merupakan perpaduan telur yang dikocok kemudian ditambahan beragam bahan. Sayuran, bumbu atau rempah. Karenanya telur dadar menjadi lebih padat dan rasanya lebih enak, nutrisinya juga makin kaya.

Omelet gaya Spanyol dan Italia paling terkenal dengan paduan kentang, paprika, daun bawang hingga bawang bombay. Biasanya sayuran dimasak hingga lunak baru kemudian diaduk dengan telur kocok dan bumbu.

Untuk membuat dadar isi caranya juga mudah. Pilih sayuran yang lunak seperti bayam. Rebus sebentar daun bayam lalu tiriskan dan iris halus. Untuk pilihan lainnya bisa memakai brokoli yang diparut halus, wortel yang diserut halus, biji jagung manis atau paprika. Agar rasanya lebih enak tambahkan cabe bubuk, merica bubuk, bawang bubuk dan bumbu kari jika suka.

Umumnya telur dadar isi setelah dimasak dalam wajan kemudian dipanggang sebentar dalam oven. Karena dadar isi biasanya tebal dan padat sehingga tidak bisa matang sempurna jika dimasak dalam wajan datar. Sebagai sentuhan akhir, tambahkan keju parut dan sajikan dengan saus cabe atau mayones botolan.

omelet dengan sayuran untuk sarapan sehat5 Versi Telur Dadar Populer Buat Sarapan. Foto: Instagram



3. Telur Dadar Isi

Telur dadar ini dibuat seperti telur dadar biasa, saat setengah matang diisi dengan sayuran tumis, irisan sosis, daging asap, atau berbagai jenis keju. Selanjutnya dadar dilipat dua membentuk setengah lingkaran dan disajikan hangat.

Telur dadar Prancis seperti Florentine Omelette merupakan jenis telur dadar isi yang populer. Isiannya berupa bayam dan keju sehingga rasanya gurih. Sementara di Thailand dan Vietnam telur dadar diberi isian seafood seperti udang, daging kepiting dan tiram. Rasanya semakin gurih karena tambahan seafood.

Mirip dengan telur dadar campur, telur dadar isi cita rasanya juga lebih kaya. Hanya saja rasa isian dan rasa telurnya bisa dinikmati terpisah. Sementara di Korea dan Jepang telur dadar setelah diisi sayuran tidak dilipat dua melainkan digulung dan dipadatkan baru kemudian dipotong melintang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Bikin Telur Dadar Kuah ala Ussy Sulistyawati"
[Gambas:Video 20detik]