5 Versi Telur Dadar Populer Buat Sarapan, Mana Favoritmu?

Odilia WS - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 06:00 WIB
variasi omelet untuk sarapan Foto: Instagram
Jakarta -

Omelet atau telur dadar merupakan menu sarapan terpopuler di dunia. Versi telur dadar ini sangat beragam di dunia. Ada yang polos, diisi hingga digoreng garing.

Menurut catatan sejarah omelet sudah dikenal sejak pertengahan abad 16. Konon telur dadar ini asalnya dari masa Persia kuni. Sedangkan dari namanya 'omelette' dari bahasa Prancis dan sudah dinikmati pada masa Napoleon Bonaparte berkunjung ke selatan Prancis.

Setelah menyebar dan dikenal di berbagai negara, telur dadar mengalami adaptasi dengan kuliner lokal baik bahan maupun rasanya. Seperti di Spanyol omelet dipadukan dengan potongan kentang dan di China diisi dengan tiram segar dan ham. Orang Italia membuat omelet yang disebut fritata dengan campuran keju, sayuran dan kadang pasta.

Sementara orang Jepang menambahkan shoyu dan mirin pada telur dadar, dicetak segi empat dan digulung padat. Mirip dengan omelet Korea yang digulung bundar dengan isian cincangan sayuran. Ada juga dadar garing tipis khas Thailand yang dibumbui dengan saus ikan.

Rasa gurih telur dengan varian isian dan bumbu tak terbatas pada omelet atau telur dadar membuat sajian ini mudah populer dan disukai. Karena memang tak ada aturan baku soal meracik telur dadar. Karena praktis, mudah dibuat dan murah, telur dadar jadi pilihan favorit untuk sarapan banyak warga dunia.



Berikut ini jenis telur dadar yang umum dan populer di dunia sebagai menu sarapan.

1.Telur Dadar Polos

Telur dadar atau omelet ini hanya memakai telur segar saja dengan sedikit merica bubuk dan garam. Bisa disebut sebagai telur dadar minimalis. Biasanya dijadikan topping nasi goreng atau mie goreng dengan cara diiris tipis. Rasa gurih telur menjadi makin enak dengan tambahan garam dan merica.

Versi inipun ada yang suka sedikit gosong atau justru sedikit basah. Menu sarapan paling sederhana dan nikmat adalah nasi hangat dengan topping telur dadar dan kucuran kecap manis. Jika ada ditambah taburan bawang merah goreng.

Selain dengan minyak sayur biasa, telur dadar juga enak dimasak dengan margarin atau mentega. Meskipun pemakaian margarin dan mentega membuat telur dadar agak lembap, tidak garing. Tetapi rasa mentega dan margarin yang gurih membuat telur dadar makin enak. Aromanya juga makin harum.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Bikin Telur Dadar Kuah ala Ussy Sulistyawati"
[Gambas:Video 20detik]