Ini 5 Fakta Tape Uli Cisalak yang Populer Sejak 63 Tahun Lalu

Riska Fitria - detikFood Rabu, 24 Jun 2020 13:30 WIB
Tape Uli Cisalak 1957 Tapi Uli Cisalak 1957 Foto: iStock
Jakarta -

Tape Uli Cisalak dikenal legendaris karena sudah ada sejak 1957. Sang pemilik menceritakan sejarah pertama kali didirikan hingga sampai saat ini masih menjadi buruan.

Tape Uli merupakan makanan tradisional khas Betawi. Biasanya penjaja tape uli menawarkan dagangan dengan pikulan keliling kampung dan gang. Tape uli kini mungkin agak sulit ditemukan. Namun, di tengah maraknya makanan modern dan kekinian, masih ada yang mempertahankan usaha tape uli.

Adalah Tape Uli Cisalak yang sudah dikenal sejak tahun 1957. Dalam sebuah diskusi online (23/6) bersama Penulis dan Praktisi Kuliner Harry Nazarudin, pemilik bisnis tape uli tersebut menceritakan bagaimana awal didirikannya Tape Uli Cisalak yang berpusat di Jl. Raya Jakarta-Bogor KM 31,9.

Diskusi itu dilakukan melalui Live Instagram @kangharnaz. Harry Nazarudin turut mengajak generasi ke-2 dan ke-3 dari bisnis Tape Uli Cisalak. Tape uli cisalak dikenal dengan ulinya yang lembut gurih sementara tapenya legit dengan sedikit air. Makin enak saat dipadukan dalam sekali suap.

Berikut ini 5 fakta menarik tentang Tape Uli Cisalak.

1. Pertama Kali Didirikan

Tape Uli Cisalak 1957Tape Uli Cisalak 1957 Foto: Instagram @Erikkartanegara

Dalam Instagram live yang dilakukan oleh Harry Nazarudin, generasi ke-2 Tape Uli Cisalak, Linda Sari Wiharja menceritakan bagaimana pertama kali bisnis tape uli itu dimulai. Tape Uli Cisalak memulai usahanya 63 tahun lalu.

Itu berawal dari ibu mertuanya yang sangat pandai membuat tape uli. Kemudian, cara membuat tape uli itu diturunkan ke anaknya, Suryawan Kertanegara yang kini adalah suami dari Linda Sari. Suryawan lalu menjalankan bisnis tape uli.

Awalnya, Suryawan hanya menjalani bisnis tape uli itu sendirian. Namun, semakin berjalannya waktu, Linda Sari menjadi tertarik hingga akhirnya memutuskan untuk mendampingi sang suami mengelola bisnis yang dikenal dengan sebutan Tape Uli Cisalak.

Baca Juga : Murah Meriah, Uli dengan Paduan Tape Ketan Khas Betawi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sedap Mantap Sop Iga dan Kepala Ikan Kakap"
[Gambas:Video 20detik]