Tips Masak Jamur dari Chef Agar Tetap Kenyal dan Enak

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 24 Jun 2020 13:00 WIB
Tips Masak Jamur Foto: Instagram @longtaltex88
Jakarta -

Jamur sering kali berair ketika diolah. Tips masak jamur yang diberikan chef ini mudah ditiru untuk memastikan tekstur jamur tetap kenyal.

Jamur merupakan tumbuhan tanpa klorofil. Biasanya jamur banyak tumbuh di tempat yang lembap seperti batang pohon. Ada banyak jenis jamur yang enak dimakan namun banyak juga yang berbahaya karena mengandung racun.

Beberapa jenis jamur yang bisa dimasak antara lain jamur merang, jamur kancing, jamur tiram, jamur enoki, hingga jamur kuping gajah. Jamur-jamur tersebut biasanya diolah menjadi tumisan atau campuran sup.

Tips Masak JamurTips Masak Jamur Foto: iStock

Namun saat mengolah jamur, kerap kali teksturnya jadi terlalu lembek dan berair. Biasanya untuk mengurangi kandungan air tersebut ditambahkan sedikit garam. Namun chef ini menyebutkan kalau cara yang benar adalah merebusnya terlebih dahulu.

Dilansir dari Metro (20/6), seorang chef bernama Jim Fuller yang juga populer di siaran televisi Australia mengatakan kalau ia selalu merebus jamur di dalam air mendidih. Hal ini ia lakukan sebelum mengolah jamur lebih lanjut.

Baca Juga: Begini Cara Memasak Jamur Kuping agar Tidak Bau

Namun tips yang ia berikan malah jadi kontroversi. Ia lantas membuktikan dengan mengunggah video di akun Instagram-nya @longtaltex88. Dalam video tersebut ia terlihat merebus jamur yang akan ia olah dalam air mendidih.

Tips Masak JamurTips Masak Jamur Foto: Instagram @longtaltex88

Jamur-jamur tersebut ia potong menjadi beberapa bagian dahulu sebelum dimasukkan ke dalam air mendidih. Air mendidih yang ia gunakan tersebut membuat air yang terkandung pada jamur menjadi menguap. Kuncinya adalah menggunakan air mendidih dengan api yang besar.

Jamur tersebut harus dimasak sampai air rebusannya habis barulah diolah. Tinggal masukkan sedikit minyak dan bumbu seperti bawang putih, bawang bombai, dan rempah lain untuk mengolahnya.

Dijamin olahan jamur tersebut tidak banyak mengandung air dan nikmat ketika disantap. Ia juga menjelaskan kalau jamur yang dimasak langsung di dalam minyak akan membuat kandungan air pada jamur keluar.

Tips Masak JamurTips Masak Jamur Foto: Instagram iStock

Selain agar tidak berarir, olahan jamur yang enak juga yang teksturnya tidak lembek. Dalam hal ini banyak disebutkan kalau dalam memasaknya jangan terlalu lama.

Karena tekstur jamur mentah sendiri sudah lembut, jadi untuk mengolahnya hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit saja. Atau dengan memasukkan jamur ke dalam olahan ketika sudah hampir matang. Chef Fuller juga mengatakan lebih suka mengolah jamur dalam wok atau wajan cekung.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Jamur yang Gurih Enak dan Murah



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com