5 Kesalahan Sepele Ini Bisa Bikin Seduhan Kopi Jadi Kurang Enak

Riska Fitria - detikFood Selasa, 23 Jun 2020 06:00 WIB
Manfaat sisa seduhan kopi Kesalahan saat menyeduh kopi Foto: iStock

4. Tidak Menakar Kopi

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Biasanya orang sering menambahkan terlalu banyak kopi untuk membuat rasanya semakin kuat. Padahal takaran kopi yang terlalu banyak dapat membuat rasanya menjadi asam.

Dalam hal ini takaran kopi juga sangat penting untuk mendukung kualitas kopi yang diseduh. Itu karena ada banyak kafein yang bisa diekstrak dari biji kopi sebelum akhirnya merusak rasa akibat waktu kontak, tingkat ekstraksi dan rasio antara air dan kopi.

Alih-alih menambahkan bubuk kopi agar rasanya semakin kuat, lebih baik menggunakan kopi yang lebih ringan. Selain itu selalu ukur bubuk kopi. Takaran yang tepat adalah dengan mengukur dua sendok air per 6 ons air.

5. Menyeduh Kopi Kadaluarsa

Kurangi minum kopiKurangi minum kopi Foto: Shutterstock

Seperti pada produk makanan lainnya yang sudah melewati masa kadaluarsa pasti kualitasnya akan menurun. Begitupun dengan kopi. Menyeduh kopi yang sudah melewati masa kadaluarsa adalah kesalahan yang fatal.

Hal itu bisa merusak rasa dan aroma dari kopi itu sendiri. Karenanya selalu periksa tanggal kadaluarsa pada kemasan biji kopi. Jika lebih dari dua hingga tiga minggu dari tanggal kadaluarsa, kopi itu sudah benar-benar tidak dapat diminum lagi.

Perlu diketahui bahwa biji kopi utuh dapat bertahan lebih lama hingga satu bulan. Sementara kopi giling paling baik digunakan maksimal dua minggu setelah dibuka.

Baca Juga : Ini 5 Kopi Termahal Di Dunia dengan Harga Fantastis

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)