5 Kesalahan Sepele Ini Bisa Bikin Seduhan Kopi Jadi Kurang Enak

Riska Fitria - detikFood Selasa, 23 Jun 2020 06:00 WIB
Manfaat sisa seduhan kopi Kesalahan saat menyeduh kopi Foto: iStock
Jakarta -

Tak sembarangan, menyeduh kopi juga harus dilakukan dengan benar. Jika tidak, maka rasa dan aroma terasa kurang sedap.

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi banyak orang di dunia. Selain manfaatnya, minum kopi juga merupakan bagian dari tradisi di beberapa negara. Banyak orang sejak pandemi corona menjadi penggemar kopi dan sebagian besar menyeduh sendiri di rumah.

Namun, menyeduh kopi bukan semudah menuangkan air panas ke gelas berisi bubuk kopi saja. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, karena urusan yang terlihat sepele saat menyeduh kopi ternyata berperan penting dalam menciptakan kopi enak.

Kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan berkaitan dengan penggunaan air, takaran kopi hingga ukuran dari biji kopi itu sendiri. Dilansir dari Real Simple (19/05) berikut 5 kesalahan saat menyeduh kopi.

1. Ukuran Gilingan Tidak Sesuai dengan Cara Menyeduh

Manfaat sisa seduhan kopiKesalahan saat menyeduh kopi Foto: iStock

Cara menyeduh kopi yang berbeda membutuhkan ukuran gilingan biji kopi yang berbeda pula. Itu karena tingkat ekstraksi ampas kopi lebih tinggi ketika ditumbuk lebih halus.

Selain itu, menggunakan gilingan kopi yang lebih halus juga dapat meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan air untuk melewati ampas kopi. Gilingan kopi bisa sebagai keranjang filter yang lebih padat, yang meningkatkan durasi ketika air dan kopi bersentuhan.

Jadi, metode penyeduhan kopi dengan waktu kontak yang lebih singkat membutuhkan biji kopi yang lebih halus. Sementara yang butuh waktu lama, paling baik menggunakan kopi giling yang lebih kasar.

Misalnya ketika ingin membuat espresso, kopi Turki atau aeropress gunakanlah biji kopi yang digiling halus. Kamu bisa menggunakan biji kopi gilingan kasar untuk membuat French press

Baca Juga : 6 Kopi Favorit Ini Bisa Ungkap Pribadimu, yang Mana Kopi Pilihanmu?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]