Viral Harga Uang Koin Kelapa Sawit Dijual Ratusan Juta, Ini Manfaat Minyaknya

Puti Yasmin - detikFood Senin, 22 Jun 2020 14:00 WIB
Pekerja melakukan bongkar muat kelapa sawit yang akan diolah menjadi minyak kelapa sawit Crude palem Oil (CPO) dan kernel di pabrik kelapa sawit Kertajaya, Malingping, Banten, Selasa (19/6). Dalam sehari pabrik tersebut mampu menghasilkan sekitar 160 ton minyak mentah kelapa sawit. File/detikFoto. Foto: Jhoni Hutapea/Viral Harga Uang Koin Kepala Sawit Dijual Ratusan Juta, Ini Manfaat Minyaknya
Jakarta -

Uang koin bergambar kelapa sawit tengah menjadi pembicaraan banyak orang karena dijual dengan harga yang tinggi. Padahal, uang tersebut hanya memiliki nilai asli Rp 1.000 per keping.

Dilihat detikcom dari situs jual-beli online, uang tersebut dijual paling mahal dengan harga RP 150 juta per keping. Selain itu, ada juga yang menjual dengan harga jutaan hingga puluhan.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa minyak dari kelapa sawit memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dalam satu sendok makan minyak kelapa sawit mengandung 11% vitamin E, lemak 14 gram, dan kalori 114.

Berikut Manfaat Minyak Kelapa Sawit dikutip dari HealthLine:

1. Otak

Waduh! Gadis  Kecil Ini Dipaksa Kekasih Makan Otak dan Hati Manusiamanfaat minyak kepala sawit untuk otak/Foto: east2west news

Dengan kandungan vitamin E yang cukup, minyak kelapa sawit memiliki tokotrienol. Zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak.

Dalam penelitiannya terhadap hewan dan manusia, tokorienol dapat melindungi lemak tak jenuh ganda yang halus di otak, memperlambat perkembangan demensia, mengurangi risiko stroke, hingga mencegah pertumbuhan lesi otak.

2. Jantung

penyakit jantungmanfaat minyak kelapa sawit untuk jantung Foto: shutterstock

Manfaat minyak kelapa sawit lainnya adalah melindungi tubuh dari penyakit jantung. Dalam penelitiannya, mengonsumsi minyak kelapa sawit bisa menurunkan tingkat kolestrol LDL buruk dan meningkatkan tingkat kolestrol HDL baik.

Sebuah studi di tahun 1995 juga menunjukkan bahwa minyak kelapa sawit bisa memperlambat perkembangan penyakit jantung pada seseorang. Walaupun begitu, penting diingat bahwa penurunan kadar LDL saja tidak mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan Vitamin A

Food sources of beta carotene and vitamin AManfaat Minyak Kelapa Sawit Tingkatkan Vitamin A Foto: Thinkstock

Manfaat minyak kelapa sawit yang terakhir adalah dapat meningkatkan kadar vitamin A dalam tubuh. Studi menunjukkan, pada wanita hamil di negara berkembang yang mengonsumsi minyak kepala sawit merah memiliki kadar vitamin A dalam darah serta bayi lebih banyak.

Selain itu, penelitian di India melaporkan anak-anak prasekolah mengonsusmi 1 sendok teh minyak kelapa sawit memiliki kadar vitamin A yang lebih tinggi dibandingkan anak yang menerima suplemen vitamin A.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)