Cara Memutihkan Gigi Dengan 5 Bahan Makanan Ini

Devi Setya - detikFood Senin, 22 Jun 2020 15:30 WIB
beautiful lips holding a strawberry 01 Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Warna gigi setiap orang berbeda karena dipengaruhi pola makan serta cara merawat gigi. Gigi putih bersih bisa didapatkan dengan makanan enak.

Ada banyak hal yang membuat gigi kuning dan kecoklatan. Beberapa diantaranya karena konsumsi kopi berlebih serta efek dari rokok. Gigi yang kuning pastinya akan mengurangi tingkat percaya diri.

Kini banyak teknik pemutihan gigi menggunakan bahan kimia, cara ini praktis tetapi berbahaya untuk kesehatan. Kalau mau memutihkan gigi, cukup konsumsi beberapa makanan yang secara alami membantu membersihkan gigi.


Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan yang bisa diandalkan untuk membuat gigi putih bersih dan sehat.



1. Strawberry

gigi putih cemerlanggigi putih cemerlang Foto: ilustrasi/thinkstock


Strawberry mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Bukan hanya enak dan kaya nutrisi, strawberry juga kerap dijadikan buah untuk membersihkan dan memutihkan gigi.

Kandungan enzim malic acid pada buah strawberry bisa membantu memulihkan warna alami gigi. Untuk gigi yang putih bersih, kamu bisa langsung mengoleskan buah strawberry pada permukaan gigi, diaamkan selama 5 menit lalu berkumur dengan air. Cara ini juga memberi egfek segar pada mulut karena rasa asamnya.

Baca juga : 5 Trik Ini Bisa Memudarkan Noda Kopi Pada Gigi

2. Apel

Ilustrasi seorang wanita tengah makan apelIlustrasi seorang wanita tengah makan apel Foto: Th


Dokter gigi menyarankan konsumsi apel secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan gigi. Apel mengandung senyawa astrigen yakni asam alami yang membantu memutihkan gigi. Zat ini juga terkandung dalam mentimun dan daun seledri.

Ketika makan apel,kotoran pada gigi secara perlahan akan tergosok sehingga tak ada lagi plak yang menempel. Gigi juga bisa tampak lebih putih dan bersih. Saat makan apel, kunyah dengan benar dan usahakan agar seluruh apel menjangkau seluruh bagian mulut. Jangan lupa minum segelas air usai makan apel agar tak ada sisa makanan yang tertinggal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3