Jual Ayam Betutu Muslim, Netizen : Ayamnya Udah Masuk Islam?

Devi Setya - detikFood Minggu, 21 Jun 2020 12:30 WIB
ayam betutu muslim Foto: twitter @eko_kuntadhi
Jakarta -

Label halal atau haram biasa disematkan pada makanan. Tapi ayam betutu yang satu ini berbeda, labelnya muslim.

Ayam betutu khas Bali memang sudah sangat populer. Penjualnya juga tak hanya di Bali saja tapi juga di beberapa daerah di Indonesia.

Namun karena berasal dari Bali, kemungkinan banyak orang ragu dengan kehalalannya. Secara tradisional hidangan ini terbuat dari daging ayam utuh yang dimasak dengan berbagai bumbu, kemudian dibakar hingga matang.

ayam betutu muslimayam betutu muslim Foto: twitter @eko_kuntadhi


Baca juga : Kocak! Tulisan Nama Menu Makanan Ini Bikin Ketawa Ngakak


Kisah unik terjadi soal ayam betutu ini yang dibagikan pengguna akun twitter @eko_kuntadhi. Ia mengunggah foto ayam betutu yang ada di layanan pemesanan makanan online.

Gambar pada menu ini terlihat menggoda, potongan ayam berlumur bumbu bikin siapapun ngiler melihatnya. Namun yang bikin gagal fokus adalah nama menu ini. Tertulis '1 ekor ayam betutu muslim' pada daftar menu. Tak hanya itu, di sini juga tertera harga dan status ketersediaan ayam ini.

Tampaknya sang penjual berniat memberi tanda kalau ayam betutu buatannya ini halal. Namun karena salah pemilihan kata, alhasil ia malah menyematkan label muslim.

"Aku carinya yang Hindu, asli Bali..." tulis Eko pada 18 Juni 2020.

Cuitan ini lantas langsung membuat heboh netizen lain. Banyak yang melemparkan komentar unik soal ayam betutu dengan label muslim ini.

"Info aja ya Bang, yang haram itu bukan hanya babi. Ayam kalau disembelih tanpa nama Allah ya haram. Ayam yang disembelih dengan nama Allah pun kalo hasil nyuri ya haram. Harusnya judulnya "ayam betutu halal". Cmiiw," kata netizen.

"Ayam nya baca syahadat di masjid mana tuh? Dan sama ustadz nya siapa? Ko bisa jadi muslim padahal burung gereja sering masuk masjid dan belum pernah tuh jadi burung muslim. Heran deh," sahut netizen lainnya.

"Mungkin maksudnya ayamnya dipotong dgn cara muslim," sahut netizen yang mencoba menjelaskan.

ayam betutuIlustrasi ayam betutu Foto: Istimewa


Baca juga : Deskripsi Makanannya Nyeleneh di Aplikasi Ojol, Restoran Ini Jadi Viral


Penggunaan nama makanan unik bukan hanya terjadi kali ini saja. Para pengusaha kuliner bahkan sengaja menyematkan nama unik pada menu makanannya agar mendapat perhatian.

Misalnya pemilik Asobi Cafe di bilangan Jakarta Pusat yang memberi deskripsi unik pada makanannya. Salah satunya untuk menu Omelette Curry Rice yang diberi penjelasan "Rich Brian belum pernah makan di sini, luar biasa."



Simak Video "Rindu dengan Empuknya Sapi Krengsengan? Makan di Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)