Ada Sejak Ribuan Tahun, 5 Makanan Ini Terukir di Relief Candi

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 20 Jun 2020 11:00 WIB
Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Foto: iStock

4. Jamu

Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi BorobudurMakanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Foto: iStock

Di Candi Borobudur, terdapat relief yang menggambarkan jamur, racikan rempah tradisional yang menyehatkan. Ada dua panel relief yang diterjemahkan sebagai gambaran orang sedang membuat jamu.

Pertama, ada di panel 19 relief Karmawibangga dengan gambar orang membuat jamu. Sementara di relief kedua ada gambar orang yang sedang menumbuk menggunakan alat. Dalam relief itu bercerita tentang rasa syukur atas kesembuhan seseorang dari sakitnya.

Relief yang kedua itu berada di pojok lorong pertama, sisi utara di dinding utama bawah. Penemuan adanya gambar jamu ini membuktikan bahwa jamu adalah warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

5. Dodol

Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi BorobudurMakanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Foto: iStock

Dodol juga terbukti merupakan makanan nusantara yang sudah ada sejak dulu. Keberadaan dodol tercatat di sebuah Prasasti Sanguran yang berada di Malang dari 850 saka (928 M).

Pada gambar dodol atau jenang di Prasasti Sanguran, camilan ini memiliki bentuk kotak-kotak. Dulu, masyarakat mengenal dodol dengan sebutan dwadwal.

Dodol juga merupakan makanan orang Jawa kuno. Selain itu Prasasti Sanguran, gambar dodol juga ditemukan di Paradah II (943 M).

Baca Juga : Kue Keranjang Tegal Ini Dilestarikan Sejak 40 Tahun Lalu

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Ngopi Luwak di Candi Pawon yang Asri"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)