Ada Sejak Ribuan Tahun, 5 Makanan Ini Terukir di Relief Candi

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 20 Jun 2020 11:00 WIB
Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Foto: iStock

2. Ikan

Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi BorobudurMakanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Foto: iStock

Ikan sudah menjadi makanan favorit sejak dulu. Hal itu dibuktikan dengan adanya gambar makanan olahan ikan pada relief Candi Borobudur. Pertama ada gambar dari empat ikan belut yang melingkar dalam piring. Kedua, ada tiga ekor ikan dengan ukuran cukup besar.

Ikan itu disajikan utuh mulai kepala, tubuh hingga ekor. Ketiga, ada dua tusuk potongan daging ikan dengan tusuk bambu atau disebut sate ikan. Selain itu, ada juga dua kepiting atau yuyu dan empat ekor ikan lainnya.

Selain di candi, makanan olahan ikan juga tercatat pada Prasasti. Seperti Prasasti Taji (823 Saka/901 M), Panggumulan (824 Saka/902 M), Sangguran (850 Saka/928 M), Paradah (865 Saka/943 M), dan Rukam (829 Saka/907 M).

3. Sagu

Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi BorobudurMakanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Foto: iStock

Sekarang ini nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia kebanyakan. Namun ternyata nasi bukan asli dari Indonesia, melainkan India. Dulu, masyarakat Indonesia mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok.

Tanaman sagu bahkan dinilai sebagai salah satu penunjang kehidupan pada zaman kerajaan Buddha. Ada bukti kuat bahwa sagu merupakan makanan asli Indonesia.

Gambar sagu tercatat pada relief Candi Borobudur. Di Candi tersebut ada empat jenis pohon palem seperti kelapa, lontar, aren dan pohon sagu. Sayangnya ini sagu hanya dimakan sebagai makanan pokok oleh sebagian orang Indonesia saja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi Luwak di Candi Pawon yang Asri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com