Ada Sejak Ribuan Tahun, 5 Makanan Ini Terukir di Relief Candi

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 20 Jun 2020 11:00 WIB
Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa makanan enak ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Buktinya tergambar pada relief candi dan prasasti yang kini menjadi sejarah penting.

Gambar yang terukir pada relief candi memang menggambarkan bagaimana kehidupan di zaman dulu. Penggambaran kehidupan itu juga menceritakan tentang makanan apa saja yang kala itu menjadi santapan banyak orang.

Ternyata ada beberapa gambar makanan yang terukir di relief candi sebagai gambaran kehidupan mereka saat itu. Hal yang tercatat di reliefnya menjadi bukti sejarah penting dan menarik untuk diketahui.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 makanan yang terukir pada relief Candi dan Prasasti.

1. Durian

Makanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi BorobudurMakanan ribuan tahun lalu yang terukir di relief Candi Borobudur Foto: iStock

Buah durian yang dikenal dengan aromanya yang menyengat ini, penampakannya tergambar di relief Candi Borobudur. Pada reliefnya, digambarkan adanya pohon durian yang tumbuh dan berbuah.

Bentuk buahnya sangat jelas dengan ciri-ciri durian sekarang dengan kulit yang penuh duri. Digambarkan buah durian itu tumbuh bergerombol.

Sementara di relief yang sama, ada gambar 11 wanita yang menunjukkan betapa pentingnya keberadaan buah durian di masa itu. Adanya gambar durian ini membuktikan bahwa buah ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Baca Juga : Ke Candi Borobudur Jangan Lupa Cicipi Legondo Bu Suad yang Pulen Legit

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi Luwak di Candi Pawon yang Asri"
[Gambas:Video 20detik]