Kocak! Petani Durian Pasang Pocong untuk Menakuti Pencuri

Riska Fitria - detikFood Jumat, 19 Jun 2020 16:30 WIB
Petani durian pasang hantu pocong untuk menakuti pencuri Petani durian pasang hantu pocong untuk menakuti pencuri Foto: NSTP/AHMAD ISMAIL
Jakarta -

Menghindari pencuri, petani durian di Malaysia memasang dua pocong-pocongan. Namun, lucunya ia terkadang ketakutan sendiri.

Pencurian buah di perkebunan memang kerap terjadi. Hal tersebut bisa merugikan si petani, karena sudah susah payah merawat pohon hingga menjadi berbuah. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghindari pencurian itu.

Seperti yang dilakukan oleh seorang petani durian di Malaysia. Petani bernama Rosman Budiman ini punya cara yang unik untuk menghindari pencuri, yaitu menakut-nakuti dengan hantu pocong.

Petani durian pasang hantu pocong untuk menakuti pencuriPetani durian pasang hantu pocong untuk menakuti pencuri Foto: iStock

Ya, Rosman dengan kreatif membuat dua pocong-pocongan dari kardus yang dililit menggunakan kain putih. Kemudian hantu pocong tersebut diikat dan digantung di semak-semak dan gubuk kosong dekat di perkebunan durian miliknya.

"Hantu pocong itu telah berhasil mengurangi hilangnya durian saya dari 10 pohon musim ini. Sebelumnya, kalau saya sedikit terlambat mengambil durian yang jatuh, pencuri akan mengambilnya," ujar Rosman.

Baca Juga : Kelezatan Durian Potianak Bikin Lidah Bergoyang Ketagihan

Tak hanya hantu pocong saja, Rosman juga membakar dupa untuk memberikan efek lebih menyeramkan di malam hari. Asap-asap dan aroma yang dikeluarkan dari dupa ini akan menambah kesan seram.

Petani durian pasang hantu pocong untuk menakuti pencuriPetani durian pasang hantu pocong untuk menakuti pencuri Foto: NSTP/AHMAD ISMAIL

Rosman mengaku ia hanya menghabiskan uang Rp. 26.000 saja untuk memasang semua jebakan itu. Namun, kocaknya terkadang Rosman merasa ketakutan sendiri melihat jebakan hantu yang dia pasang.

"Kadang-kadang saya bahkan ketakutan sendiri ketika aku ke kebun sendirian untuk mengambil durian," tutur Rosman, seperti yang dikutip dari New Straits Times (18/06).

Menaruh jebakan untuk menakut-nakuti pencuri bukan kali ini saja dilakukan oleh Rosman. Sebelum hantu pocong, Rosman juga pernah menaruh dua boneka harimau di kebunnya, tetapi cara itu tidak efektif.

Petani durian pasang hantu pocong untuk menakuti pencuriPetani durian pasang hantu pocong untuk menakuti pencuri Foto: NSTP/AHMAD ISMAIL

Sebenarnya, Rosman tidak mempermasalahkan jika si pencuri hanya ingin makan durian. Namun, yang membuatnya kesal adalah ketika si pencuri menjual durian hasil curian dari kebunnya.

"Jika pencuri hanya ingin makan durian, saya tidak keberatan. Tetapi kenyataan bahwa saya kehilangan buah durian begitu banyak, seperti mereka mencuri untuk dijual," tutur Rosman.

Baca Juga : Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 Juta



Simak Video "Nikmati Alam Sambil Makan Durian di Warso Farm di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)