Baru! Bumbu Tabur Kimchi yang Enak dan Praktis

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 18 Jun 2020 11:30 WIB
Bumbu Tabur Rasa Kimchi Foto: Food Culture Lab
Jakarta -

Kimchi kini hadir dalam bentuk baru berupa bumbu tabur. Rasanya enak dan penggunaannya praktis. Bisa ditaburi pada pizza hingga mie.

Kimchi merupakan makanan khas Korea berupa ragam sayuran segar yang difermentasi dengan bumbu gochujang, garam, bawang putih, dan gochugaru (bubuk cabai). Setelah dibumbui barulah kimchi difermentasi sehingga rasanya asam.

Proses fermentasi membuat kimchi jadi salah satu superfood dengan beragam manfaat sehat. Kimchi tak hanya terbuat dari sawi putih saja, ada yang terbuat dari timun, lobak, kucai, lokio, dan sayur lainnya.

Bumbu Tabur Rasa KimchiBumbu Tabur Rasa Kimchi Foto: iStock

Biasanya kimchi dijadikan makanan pendamping nasi dan lauk khas Korea. Hampir di setiap hidangan ada kimchi, karena menurut orang Korea tak lengkap rasanya jika makan tanpa kimchi.

Kimchi di Korea biasanya disajikan dalam piring kecil di samping hidangan utama. Biasanya mereka akan menyetok kimchi dalam wadah toples beling atau wadah tempat makan yang diletakkan di dalam kulkas. Banyak juga kimchi yang ditawarkan secara instan dan beredar di minimarket Korea.

Baca Juga: 5 Fakta Sehat Kimchi, Sayuran Fermentasi dari Korea yang Mendunia

Tapi kini kimchi hadir bukan dalam kemasan instan melainkan bumbu tabur. Dikemas dalam botol kecil plastik yang di bagian atasnya terdapat lubang untuk mengeluarkan bumbu tabur tersebut.

Dilansir dari Korea Herald (16/6), bumbu tabur rasa kimchi diproduksi perusahaan makanan Food Culture Lab yang berlokasi di Filipina. Bumbu tabur itu menarik perhatian banyak penikmat makanan Korea di sejumlah negara.

Bumbu Tabur Rasa KimchiBumbu Tabur Rasa Kimchi Foto: Food Culture Lab

Seperti saat diluncurkan pada April 2020 lalu di Amerika, bumbu tabur tersebut langsung habis terjual dalam kurun waktu seminggu saja. Bumbu tabur rasa kimchi ini juga akan diluncurkan di beberapa negara lain, seperti Filipina, India, Eropa, dan Indonesia.

Soal rasa, bumbu tabur kimchi ini lebih pedas. Untuk bahan yang digunakan semuanya terbuat dari produk nabati jadi baik untuk para pelaku vegan.

Bumbu Tabur Rasa KimchiBumbu Tabur Rasa Kimchi Foto: Food Culture Lab

"Bumbu tabur kimchi ini secara keseluruhan vegan, ada kandungan lactobacillus juga," ungkap Su An owner dari Food Culture Lab.

Untuk menikmatinya bisa ditaburkan ke atas nasi putih hangat. Bisa juga dinikmati bersama pizza, taco, dan hot dog.

Su An sendiri mengaku kalau sangat menyukai kimchi tabur tersebut disantap bersama jajangmyeon. Bumbu tabur rasa kimchi itu juga terasa nikmat saat dicampurkan bersama mayonaise untuk saus cocol.

Baca Juga: Cara Membuat Kimchi Sendiri di Rumah, Mudah dan Enak



Simak Video "Korea Selatan Dilanda Krisis Kimchi!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com