Heboh Ikan Arwana Digoreng, Bisakah Ikan Hias Mahal Ini Dimakan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 16:00 WIB
Ikan arwana Foto: Getty Images/iStockphoto/g01xm

4. Alasan ikan arwana mahal dan bisakah dagingnya dikonsumsi?

Di Indonesia harga ikan arwana mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah. Sebenarnya mengapa harga ikan arwana mahal? Jenis ikan purba ini adalah lambang keberuntungan. Dilihat dari feng shui, ikan arwana menyimbolkan kesehatan, kegembiraan, dan kemakmuran.

Faktor lain adalah langkanya keberadaan ikan arwana dan cara memelihara ikan ini yang agak repot. Pemelihara harus rutin memastikan air akuarium bersih dan melakukan tindakan tanning untuk membuat warna ikan tetap bagus. Akuarium juga wajib diberikan lampu menyala. Selain itu, ikan arwana tak boleh telat diberi pakan.

Ikan arwana ada banyak jenisnya. Untuk yang langka dan dilindungi jelas tidak boleh dikonsumsi, tapi ada jenis ikan arwana budidaya alias dari penangkaran yang bisa dinikmati layaknya ikan air tawar biasa. Konon rasa ikan ini enak, tapi ada juga yang tidak menyukainya.

5. Kasus makan ikan hias selain arwana

Ikan Louhan yang Mahal DigorengIkan Louhan yang Mahal Digoreng Foto: Facebook : Saya Cakap

Selain ikan arwana, ikan hias seperti louhan, cupang, dan koi juga pernah dikonsumsi. Ceritanya tak kalah bikin heboh karena ikan hias itu juga mahal. Misalnya konsumsi ikan louhan yang digoreng.

Di Malaysia seorang pria dengan santap menggoreng ikan louhan yang harganya sekitar Rp 9 juta. Sebelum digoreng, bagian kepala ikan itu yang menonjol dipotong lebih dulu. Katanya rasa ikan louhan manis dan juicy. Paling enak dimakan saat masih hangat.

Lantas bagaimana dengan ikan cupang? Seorang perempuan di Aceh pernah menggoreng ikan cupang jadi rempeyek. Banyak orang menduga ia menggoreng ikan cupang kesayangan suaminya, namun hal ini ternyata tidak benar.

Baca Juga: Mewah! Netizen Makan Ikan Arwana hingga Louhan Goreng Jutaan Rupiah

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com