ADVERTISEMENT

5 Benda di Dapur Ini Bisa Perlemah Daya Tahan Tubuh

Odilia WS - detikFood
Rabu, 17 Jun 2020 07:00 WIB
alat masak
Foto: iStock


3. Wadah plastik BPA

Wadah plastik tersedia dalam beragam kualitas dan sangat disukai orang karena ringan dan mudah dibersihkan. Tetapi jika makanan, terutama yang panas ditaruh dalam wadah plastik, bisphenol A atau BPA dapat masuk dalam makanan. Lama kelamaan akan menimbulkan gangguan pada otak, prostat dan kesehatan pada umumnya.

Produsen plastik seharusnya mencantumkan jumlah BPA yang dipakai pada produknya. Sebaiknya pilih wadah plastik food grade yang bebas BPA agar imunitas tubuh tidak terganggu.

4. Kantong plastik sayuran dan buah

Saat berbelanja sayuran, buah atau produk makanan di supermarket biasanya disediakan kantong plastik untuk mengemasnya. Umumnya kantong plastik mengandung phthalates, bahan sintetis kantong plastik. Jika terekspos makanan dalam waktu lama bisa meresap pada makanan dan berbahaya jika dikonsumsi.

Selain itu pemakaian kantong plastik juga dikaitkan dengan kerusakan genetik, perubahan jaringan dan hormon pada awal pubertas. Akhir-akhir ini pemakaian kantong plastik juga dilarang di berbagai tempat karena tidak ramah lingkungan. Sebaiknya gunakan kantong kertas yang lebih aman.

Talenan kayuTalenan kayu Foto: Istock



5. Talenan

Alas untuk memotong bahan makanan ini sering menjadi penyebab kontaminasi silang. Karena dipakai untuk memotong daging mentah dan sayuran atau buah segar. Kecuali itu sangat tidak dianjurkan memakai talenan yang permukaannya berlubang halus.

Sebaiknya pisahkan talenan untuk daging mentah dan bahan lainnya agar tak ada bakteri dari bahan mentah berpindah ke bahan segar yang kemudian dikonsumsi. Pilih talenan yang permukaannya licin. Selalu bersihkan talenan hingga benar-benar bersih. Karena alat masak ini bisa sebabkan daya tahan tubuh turun dan terserang penyakit.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Gultik di Depan Gereja Bulungan "
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT