Yuk! Kenali 5 Daun Pembungkus Tempe Selain Daun Pisang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 06:00 WIB
Tempe Foto: Getty Images/iStockphoto/BanarTABS

4. Daun ganyong

Ragam daun pembungkus tempeRagam daun pembungkus tempe Foto: Kuliner Indonesia

Banyak orang mengenal ganyong dengan umbi atau tepungnya saja, padahal daunnya juga bisa dimanfaatkan. Salah satunya untuk membungkus makanan. Bentuk daun ganyong lebar dan panjang seperti daun pisang. Warnanya dominan hijau dengan ujung hijau keunguan.

Daun ganyong biasa dipakai untuk membungkus papais berbahan tepung ganyong khas Subang. Untuk membungkus tempe, penggunaannya tak beda seperti daun lainnya.

Untuk umbinya, ganyong kerap dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat sehat dengan cara direbus. Proses pengolahan ganyong menjadi tepung juga jamak dilakukan. Dalam 100 gram ganyong mengandung kalori sekitar 77 Kkal, 0,6 gr protein, 0,2 gr lemak dan 18,4 gr karbohidrat.

Baca Juga: Ganyong dan Kentang Hitam Sumber Karbohidrat Kaya Nutrisi

5. Daun talas

Ragam daun pembungkus tempeRagam daun pembungkus tempe Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Daun pembungkus tempe terakhir adalah daun talas. Bentuknya yang lebar ideal untuk membungkus tempe. Melipatnya pun jadi lebih mudah. Daun ini sebenarnya banyak dimanfaatkan untuk masakan.

Di Indonesia, ada tumis dan buntil daun talas yang populer. Dalam mengolah daun talas, biasanya daun ini direndam semalaman sebelum dimasak. Hal ini agar kalsium oksalat pada daun bisa hilang. Sebab kalau tidak bisa memicu gatal tenggorokan.

Untuk manfaat sehatnya, daun talas bisa mengurangi kolesterol, menyehatkan pencernaan, hingga jantung. Konsumsi daun talas juga bisa mengobati anemia karena tinggi kandungan zat besi.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)