Yuk! Kenali 5 Daun Pembungkus Tempe Selain Daun Pisang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 06:00 WIB
Tempe Foto: Getty Images/iStockphoto/BanarTABS

2. Daun waru

Ragam daun pembungkus tempeRagam daun pembungkus tempe Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Daun pembungkus tempe selanjutnya adalah daun waru yang banyak tumbuh di Indonesia. Daun waru berasal dari pohon waru atau Hibiscus tiliaceus. Daun ini kerap dijadikan alternatif pembungkus tempe dari daun jati.

Baik daun waru maupun daun jati memiliki penampang yang lebar sehingga cocok untuk membungkus kumpulan bijian pada tempe. Di Kedung Baruk, Surabaya, tempe daun waru bahkan diminati. Jenis tempe ini diproduksi industri rumahan.

Penggunaan daun waru disebut-sebut bisa membuat tempe awet sampai 4 hari asalkan daun dicuci sampai 2 kali sebelum dipakai. Tempe daun waru juga diminati karena bentuknya yang unik.

3. Daun kunyit

Ragam daun pembungkus tempeRagam daun pembungkus tempe Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Kunyit tak hanya rimpangnya saja yang bermanfaat, tapi juga daunnya. Daun kunyit umum dipakai sebagai bumbu gulai atau rendang. Aromanya harum seperti kunyit. Dari sisi kesehatan, daun kunyit juga punya beragam manfaat.

Salah satunya mampu menyehatkan sistem pencernaan karena zat curcumin di dalamnya bisa memacu kinerja empedu. Selain itu daun kunyit bersifat sebagai antiseptik alami saat dioleskan pada luka. Khusus untuk tempe, daun kunyit bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus yang ideal.

Selain itu, daun kunyit juga banyak dipakai untuk bumbu campuran tempe goreng tepung. Biasanya daun kunyit dikombinasikan bersama bawang putih, garam, ketumbar, hingga kunyit bubuk yang membuat rasa tempe goreng tepung makin enak.

Baca Juga: Selain Bikin Gulai Jadi Harum, Ini 5 Manfaat Sehat Daun Kunyit

Selanjutnya
Halaman
1 2 3