Yuk! Kenali 5 Daun Pembungkus Tempe Selain Daun Pisang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 06:00 WIB
Tempe Foto: Getty Images/iStockphoto/BanarTABS
Jakarta -

Di pasaran tempe paling banyak dibungkus daun pisang. Faktanya, ada jenis daun lain yang juga cocok dijadikan pembungkus tempe.

Tempe adalah makanan fermentasi unggulan Indonesia. Rasanya yang nikmat dengan segudang nutrisi membuat tempe kini mendunia. Hal ini diungkap dalam webinar Humans of Tempe(h) yang diselenggarakan Indonesian Tempe Movement pada Sabtu (13/6) malam.

Pembicara dari berbagai negara hadir untuk menunjukkan seberapa jauh tempe kini telah dikenal. Dari Australia, Eropa hingga Amerika Serikat, tempe mulai dipasarkan meski ada berbagai kendala terkait bahan baku maupun harga jual yang tinggi.

Namun tempe dinilai punya peluang untuk terus semakin dikenal. Hal ini karena tempe merupakan sumber protein nabati yang kian digandrungi pelaku hidup sehat dan vegetarian. Apalagi tempe melalui proses fermentasi sehingga memiliki probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Salah satu pembicara dalam Humans of Tempe(h), Helianti Helman yang merupakan social entrepreneur sekaligus pemilik Javara, mengungkap berbagai jenis daun pembungkus tempe. Tak hanya daun pisang, tapi ada juga daun jati hingga daun talas.

detikFood merangkum informasi soal daun pembungkus tempe itu seperti berikut:

1. Daun jati

Ragam daun pembungkus tempeRagam daun pembungkus tempe Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Daun jati adalah daun populer untuk membungkus makanan. Sego berkat hingga nasi jamblang umum dibungkus daun lebar ini. Daun jati sendiri memiliki aroma yang khas. Fungsi lainnya untuk membungkus makanan adalah bisa mempertahankan suhu hangat makanan.

Dalam pembuatan tempe, daun jati juga bisa digunakan sebagai pembungkusnya. Dikutip dari Kasengsem Lasem, tempe daun jati bahkan jadi produk unggulan dari Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Adalah Rumah Tempe Mbah Masripah yang memproduksi tempe bungkus daun jati.

Tempe ini dibuat dari ragi alami kemudian dibungkus dalam bentuk segi enam atau segi empat. Dibantu seorang karyawan, menantu almarhum Mbah Maripah memproduksi tempe bungkus daun jati sehari-hari. Orang umum bisa mengintip proses pembuatan tempe bungkus daun jati di rumah tempe ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3