Bedah Perut Hiu, Para Ilmuwan Terkejut Saat Melihat Isinya

Devi Setya - detikFood Minggu, 14 Jun 2020 15:00 WIB
bedah perut hiu Foto: istimewa/scitech
Jakarta -

Para peneliti sengaja membedah perut ikan hiu putih untuk melihat makanan apa yang disantap ikan ganas ini. Dari sisa makanan yang ada di perut, para peneliti tahu apa yang dimakannya.

Dilansir dari Scitechdaily (13/6) penelitian soal isi perut ikan hiu putih ini jadi yang pertama kali dilakukan. Para peneliti mendapatkan ikan hiu ini di perairan Australia Timur. Setelah dibedah, ternyata ikan hiu menyantap biota laut yang selama ini tak pernah dibayangkan para peneliti.

"Di dalam perut hiu kami menemukan sisa-sisa dari berbagai spesies ikan yang biasanya hidup di dasar laut atau terkubur di pasir. Ini menunjukkan hiu menghabiskan sebagian besar waktu mereka mencari makan di laut dalam," kata pemimpin penelitian Richard Grainger, seorang kandidat PhD di Charles Perkins Center dan School of Life and Environmental Sciences di University of Sydney.

bedah perut hiubedah perut hiu Foto: istimewa/scitech


Baca juga : Ini Alasan Ilmiah Kenapa Ikan Hiu Sebaiknya Tak Dikonsumsi


Hal ini membuktikan kalau bentuk sirip punggung hiu yang muncul ke permukaan bukanlah tanda kalau ikan ini sedang mencari mangsa. "Stereotip sirip punggung hiu di atas permukaan saat berburu mungkin bukan gambaran yang sangat akurat," katanya.

Studi yang diterbitkan pada World Oceans Day dalam jurnal Frontiers in Marine Science, adalah sebagai kontribusi penting untuk memahami kebiasaan makan dan migrasi hiu putih.

Dr. Vic Peddemors, rekan penulis dari Departemen Industri Primer NSW, mengatakan: "Kami menemukan bahwa meskipun ikan di tengah air, terutama jenis salmon Australia timur adalah mangsa utama hiu putih tapi isi perut membuktikan bahwa hiu ini juga mencari makan di dekat dasar laut."

Studi ini meneliti isi perut dari 40 hiu putih (Carcharodon carcharias) yang ditangkap di NSW Shark Meshing Programme. Para ilmuwan membandingkan ini dengan data yang diterbitkan di tempat lain di dunia, terutama di Afrika Selatan untuk membangun kerangka nutrisi spesies tersebut.

"Memahami kebutuhan nutrisi predator ini dan mencari tahu kaitannya dengan pola migrasi akan memberikan wawasan tentang konflik yang terjadi antara manusia dan hiu. Tujuannya adalah untuk melindungi spesies ini," kata Dr. Gabriel Machovsky-Capuska, seorang Peneliti Senior yang mengikuti riset di Charles Perkins Center.

Dari penelitian ini terungkap kalau hiu putih kerap kali menyantap salmon, belut, ikan kapur, kerang, ikan kerapu, ikan pari serta belut listrik. "Belut listrik juga diburu oleh hiu meskipun ini cukup sulit bagi hiu karena belut listrik berenang sangat cepat."

bedah perut hiubedah perut hiu Foto: istimewa/scitech


Baca juga : Hiu Busuk dan Tikus, Makanan Aneh yang Disukai Negara Barat


Sementara jenis hewan laut yang paling minim dimangsa antara lain adalah jenis hiu lain, lumba-lumba dan cumi.

Para ilmuwan juga menemukan bukti bahwa hiu yang lebih besar cenderung memiliki pola makan yang lebih tinggi lemak, kemungkinan karena kebutuhan energi tinggi untuk migrasi.

Pelacakan hiu putih menunjukkan bahwa mereka bermigrasi secara musiman di sepanjang pantai timur Australia dari Queensland selatan ke Tasmania utara, dan rentang pergerakan meningkat seiring bertambahnya usia.



Simak Video "Bikin Laper: Ragam Bakmi Pedas Berpenampilan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)