Ciri-ciri Telur Ayam Infertil, Bisakah Dikenali Sebelum Dimakan?

Rosmha Widiyani - detikFood Sabtu, 13 Jun 2020 14:00 WIB
ilustrasi telur Foto: iStock/Ciri-ciri Telur Ayam Infertil, Bisakah Dikenali Sebelum Dimakan?
Jakarta -

Telur ayam infertil sempat menjadi topik hangat meski penjualannya telah dilarang pemerintah. Di Tasikmalaya, Satgas Pangan menemukan sejumlah telur infertil atau busuk tak layak makan di sebuah pasar.

Sejumlah telur yang akhirnya dimusnahkan tersebut rencananya akan dijual dengan harga sangat murah di pasaran. Dengan kasus tersebut, mungkinkah membedakan ciri-ciri telur ayam infertil dengan yang lain?

Ciri-ciri telur ayam infertil di Tasikmalaya mengakibatkan masyarakat tak mau beli, meski dijual murah. Sejumlah telur dikatakan memiliki garis seperti sarang laba-laba sehingga konsumen tidak tertarik membelinya.

"Karena masyarakat juga lihat penampilan ragu juga. Ada garis kayak sarang laba-laba," kata Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Yusuf Ruhiman.

Dikutip dari the chicken chick, sebetulnya penampilan telur ayam infertil dan yang lain umumnya sulit dibedakan. Ciri-ciri telur ayam infertil sekilas terlihat sama tanpa ada yang berbeda.

Telur ayam infertil hanya memiliki materi genetik dari betina, sehingga tidak menghasilkan anakan jika dierami. Anak ayam berasal dari embrio yang hanya bisa diperoleh dari pembuahan jantan dan betina.

Dalam beberapa kasus, ciri-ciri telur ayam infertil dikatakan bisa diketahui dengan menyinari telur. Anggapan ini tidak benar karena blastodisc dan blastoderm tidak bisa terlihat melalui cangkang telur.

Ciri-ciri telur ayam infertil hanya bisa diketahui dengan memecah dan memperhatikan kuning telur. Pada telur ayam infertil, blastodisc berupa titik putih pada kuning telur bentuknya tidak beraturan. Sedangkan pada telur ayam fertil, blastoderm berbentuk bulat sempurna berwarna putih dengan bagian tengah yang mudah terlihat.

Jika ciri-ciri telur ayam infertil secara fisik sulit dibedakan, bagaimana dengan rasa dan kandungan gizinya?

Dikutip dari situs UGM, kandungan gizi telur infertil dan yang lain ternyata sama. Keduanya bisa dikonsumsi namun dengan catatan masih sama-sama aman dan belum busuk.

"Tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan adanya perbedaan kandungan gizi antara telur fertil dan telur infertil," kata Ketua Prodi S1 Gizi Kesehatan FK-KMK UGM R Dwi Budiningsari, SP, MKes, PhD.

Selain kandungan gizi, telur infertil dan yang lain juga memiliki rasa yang sama. Dalam kondisi masih layak konsumsi, telur infertil dan yang lain terlihat tidak berbeda saat sudah diolah.



Simak Video "Ciri Telur Infertil yang Dilarang Beredar oleh Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)