5 Coffee Shop di Jakarta yang Sudah Buka dengan Protokol 'New Normal'

ADVERTISEMENT

Makan Enak di Era Baru

5 Coffee Shop di Jakarta yang Sudah Buka dengan Protokol 'New Normal'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 12 Jun 2020 16:00 WIB
Coffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normal
Foto: Instagram kopikalyan
Jakarta -

Coffee shop yang sudah buka ini jadi kabar baik untuk para pencinta kopi. Mereka kembali bisa menyambangi coffee shop untuk menikmati menu favoritnya.

Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), rata-rata coffee shop di Jakarta tidak melayani pengunjung yang mau santap di tempat. Mereka hanya menyediakan layanan take away atau pemesanan online. Namun kini para pencinta kopi bisa berbahagia karena beberapa coffee shop sudah kembali buka.

Mereka menyambut kedatangan pengunjung dengan sejumlah protokol baru. Tentu saja hal ini untuk melindungi keselamatan pengunjung dan pegawai coffee shop itu sendiri. Protokolnya mencakup jaga jarak, cuci tangan, hingga alur pemesanan.

detikFood merangkum coffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normal. Berikut informasinya:

1. Atjeh Connection

Coffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normalCoffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normal Foto: Instagram theatjehconnection_restocoffee

Atjeh Connection adalah salah satu coffee shop yang paling awal menerapkan protokol new normal di gerainya. Mampir ke sini, pengunjung akan mendapati meja-meja yang disekat akrilik bening. Cara ini mampu mengurangi risiko penularan droplet.

Selain itu, kapasitas pengunjung dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas normal. Dari sisi pegawai, mereka diwajibkan memakai masker dan face shield saat melayani pengunjung. Banyak pengunjung yang menyukai konsep ini karena dirasa lebih aman

The Atjeh Connection sendiri terkenal dengan menu kopi sanger yang identik dengan Aceh. Ada juga pilihan Atjeh Picollo sampai Kopi Hitam ala Atjeh. Untuk menu makanannya tersedia kari ayam kampung, mie Aceh, sampai camilan seperti roti srikaya dan roti ari.

2. Rays Bottle of Joe

Coffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normalCoffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normal Foto: Instagram raysbottleofjoe

Rays Bottle of Joe (RBoJ) Coffee & Kitchen berlokasi di Warung Jati Barat 18E, Jakarta Selatan. Coffee shop ini sudah buka kembali pada 10 Juni 2020. Protokol yang diterapkan antara lain mengecek suhu tubuh pengunjung saat masuk, mewajibkan tiap orang pakai masker, dan meminta tiap orang cuci tangan atau pakai hand sanitizer sebelum masuk serta saat di dalam coffee shop.

Tak ketinggalan pembatasan kapasitas dan jarak di dalam coffee shop dimana ada beberapa kursi yang tidak boleh diduduki. RBoJ Coffee & Kitchen juga menyarankan pengunjung untuk tidak berbagi menu makanan atau minuman karena bisa meningkatkan risiko penularan virus Corona. Begitupun dengan pembayaran yang lebih baik nontunai.

Mampir ke RBoJ Coffee & Kitchen, pengunjung bisa cicip ragam minuman espresso. Beberapa varian favorit adalah Dear I Miss U dengan sentuhan tiramisu dan Reolatte dengan paduan Oreo. Ada juga ragam makanan untuk dicicipi di sini.

3. Kopi Kalyan

Coffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normalCoffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normal Foto: Instagram kopikalyan

Kopi Kalyan di Barito sudah melayani pengunjung santap di tempat (dine-in) pada 8 Juni 2020. Mereka meminta pengunjung melaksanakan peraturan yang ditetapkan. Diantaranya cuci tangan sebelum masuk kedai, periksa suhu tubuh (tidak boleh di atas 37,5), dan selalu pakai masker kecuali saat makan dan minum.

Untuk durasi penggunaan meja, maksimal 2,5 jam saja. Pengunjung juga diminta tidak berpindah duduk dari meja yang sudah ditentukan tanpa memberi tahu pegawai coffee shop. Kapasitas meja yang tersedia adalah untuk 1, 2, dan 4 orang. Pengunjung dilarang melebihi kapasitas ini.

Menu yang disediakan Kopi Kalyan adalah ragam kopi espresso, es kopi, dan kopi seduh yang biji kopinya bervariasi. Juga makanan seperti pisang goreng, nasi pecel, spaghetti carbonara, sampai grilled chicken salad.

Baca Juga: KopiKalyan: Menghirup Cafe Latte Ditemani Fish & Chips yang Renyah

4. Kopi Nalar

Coffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normalCoffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normal Foto: Instagram kopinalar

Kopi Nalar adalah salah satu coffee shop hits di Senopati. Sekarang gerainya juga sudah kembali buka, tepatnya mulai 8 Juni 2020. Protokol new normal yang mereka terapkan salah satunya hanya membatasi kapasitas 50% dari kapasitas normal.

Kopi Nalar juga merekomendasikan pembayaran hanya via nontunai. Pengunjung diwajibkan memakai masker dan sering cuci tangan selama berada di dalam coffee shop.

Mampir ke Kopi Nalar jangan lupa cicip Hazelnut Latte dan Kaya French Toast yang nikmat. French toast diberi gula bubuk dengan pemanis irisan strawberry serta blueberry. Tak ketinggalan cocolan selai kaya yang manis enak dan butter yang gurih.

Baca Juga: Kopi Nalar: Santai Ditemani Kaya French Toast dan Hazelnut Latte

5. Pigeonhole

Coffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normalCoffee shop di Jakarta yang sudah buka dengan protokol new normal Foto: Instagram pigeonholecoffee

Pigeonhole punya beberapa cabang di Jakarta yaitu Bintaro, Menteng, Dharmawangsa, dan Pasar Santa. Khusus di gerai Bintaro dan Menteng, mereka siap kembali menyambut pengunjung untuk santap di tempat.

Protokol new normal yang diterapkan adalah pengunjung memakai masker, selalu menjaga kebersihan tangan, dan menghindari terlalu berdekatan. Karenanya kapasitas pengunjung mereka juga dikurangi sampai 50%.

Untuk pembayaran juga sangat dianjurkan hanya nontunai demi mengurangi sentuhan. Pigeonhole Coffee punya banyak menu kopi, cake, dan pastry yang sayang dilewatkan. Cocok untuk para pencinta kopi yang hobi ngemil.

Baca Juga: Pigeonhole Coffee: Enaknya Menyesap Caffe Latte Ditemani Banana Lemon Cake



Simak Video "Catat! Aturan Baru Jika Mau Makan di Mal Kota Kasablanka"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT