Subur Banget! Trik Tanam Tomat Pakai Pupuk Daging Ikan

Devi Setya - detikFood Rabu, 10 Jun 2020 16:30 WIB
trik menanam tomat Foto: youtube
Jakarta -

Senang berkebun tapi kesal karena tanaman tak tumbuh subur? Mungkin kamu bisa mengandalkan daging ikan untuk membuat pupuk alami agar tumbuhan subur.

Lewat channel youtube The Gardening Channel, seorang pria yang hobi berkebun membagikan cara menanam tomat dengan mengandalkan daging ikan sebagai pupuk alami. Cara menanam seperti ini ternyata cukup efisien karena tanaman cepat tumbuh subur dan hasilnya mengagumkan.

Video berdurasi 12 menit ini menampilkan pria yang menjelaskan dengan detail teknik menanam tomat. Saat bibit tomat sudah tumbuh dan siap ditanam di tanah maka bagian dalam lubang tempat menanamnya harus diberi potongan daging ikan.

trik menanam tomattrik menanam tomat Foto: youtube


Baca juga : Hobi Berkebun? 5 Jenis Sayuran Ini Bisa Ditanam Bersamaan


Kamu bisa menggunakan jenis ikan apa saja untuk dijadikan pupuk. Ikan ini kemudian dipotong menjadi beberapa bagian, lalu dimasukkan ke dalam tanah. Selanjutnya kamu bisa meletakkan bibit pohon tomat dan terakhir menimbunnya dengan tanah.

Tanaman ini tidak memerlukan pupuk lagi, hanya mengandalkan daging ikan. Tapi kamu harus merawat dengan menyiram air secara rutin. Selang beberapa minggu, pohon akan tumbuh besar dan mulai berbunga serta berbuah.

Istimewanya lagi, tanaman tomat yang diberi pupuk ikan ini tumbuh lebih cepat dibandingkan pohon tomat biasa tanpa pupuk ikan. Ketika berbuah, hasilnya juga lebih menggoda.

trik menanam tomattrik menanam tomat Foto: youtube


Buah tomat tampak lebih besar dan berkualitas. Pria ini juga menunjukkan beberapa pohon tomat yang sudah berbuah. Ia bahkan sempat mencoba tomat yang baru saja dipetik. Menurutnya, rasa tomat jadi lebih manis dan buahnya lebih segar dan berukuran besar.

Pria ini menjelaskan kalau daging ikan memberikan nutrisi pada tanaman sehingga membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Kandungan protein, kalsium dan beberapa mineral dalam ikan juga membuat tanah lebih gembur karena cacing dan hewan tanah membantu proses pertumbuhan tanaman.

Teknik seperti ini bukan hanya berlaku untuk tanaman tomat saja, berbagai tumbuhan sayuran dan buah juga bisa menerapkan teknik tanam seperti ini.

Video yang diunggah Agustus 2019 lalu ini sudah dilihat lebih dari 400 ribu kali dan mendapat respon positif. Banyak netizen yang akhirnya mencoba teknik menanam dengan cara seperti ini dan hasilnya mengagumkan.

trik menanam tomattrik menanam tomat Foto: youtube


"Bersyukur karena saya menemukan video ini. Saya sudah mencobanya dan hasilnya sungguh di luar dugaan. Saya jadi senang berkebun sekarang," ujar satu netizen.

"Dulu ayah saya seorang nelayan, dan setiap ada ikan yang jelek selalu dijadikan pupuk tanaman. Hasilnya, di halaman rumah saya banyak pohon buah yang segar," sahut netizen lainnya.

Baca juga : Chef Haryo Hijrah: Sekarang Sibuk Berkebun Sayuran Hidroponik



Simak Video "Yuk Buat Brownies Tomat, Lezat dan Pasti Sehat!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)